PENGAWASAN BADAN PENGENDALIAN DAMPAK LINGKUNGAN DAERAH (BAPEDALDA) KOTA PADANG TERHADAP AKTIVITAS PERTAMBANGAN BATU KAPUR OLEH PT SEMEN PADANG

IVANTYO, PUTERA (2015) PENGAWASAN BADAN PENGENDALIAN DAMPAK LINGKUNGAN DAERAH (BAPEDALDA) KOTA PADANG TERHADAP AKTIVITAS PERTAMBANGAN BATU KAPUR OLEH PT SEMEN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi)
201505261332th_skripsi ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah. Sumber daya mineral sebagai salah satu kekayaan alam yang dimiliki Bangsa Indonesia, apabila dikelola dengan baik maka memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi negara dan juga untuk kesejahteraan rakyat. Oleh sebab itu, dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 33 ayat (3) dinyatakan bahwa: “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat”. Pertambangan mineral merupakan salah satu sumber pendapatan negara Indonesia, namun pertambangan mineral yang kaya tersebut belum dapat memberikan kemakmuran secara ekonomi terhadap masyarakat Indonesia. Untuk dapat mencapai kemakmuran tersebut pertambangan harus harus dikelola dengan baik dan dimanfaatkan secara optimal untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. Pertambangan mineral menurut pasal 1 angka 4 Undang-Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara menyatakan bahwa: “Pertambangan mineral adalah pertambangan kumpulan mineral yang berupa bijih atau batuan, di luar panas bumi, minyak dan gas bumi, serta air tanah”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 01 Aug 2016 08:54
Last Modified: 01 Aug 2016 08:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13780

Actions (login required)

View Item View Item