ANALISIS TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PELAYANAN PENGURUS KOPERASI UNIT DESA (KUD) (Studi Kasus KUD Remaja Makmur Blok A Sitiung IV, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya

MENTARI, PUTRI (2015) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PELAYANAN PENGURUS KOPERASI UNIT DESA (KUD) (Studi Kasus KUD Remaja Makmur Blok A Sitiung IV, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (full text)
201503121902th_tingkat kepuasan untuk pustaka fixx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Tingkat Kepuasan Anggota Terhadap Pelayanan Pengurus KUD (Studi Kasus KUD RemajaMakmur Blok A Situng IV, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya yang telah dilaksanakan mulai bulan Juli sampai Agustus 2014, penelitian ini bertujuan ; (1) Mendeskripsikan unit usaha KUD Remaja Makmur ; dan (2) Menganalisis tingkat kepuasan anggota terhadap pelayanan pengurus KUD.Metode yang digunakan adalah deskriptif. Anggota KUD sendiri dijadikan sumber data, yaitu data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari Dinas Koperindag Kabupaten Dharmasraya. Tujuan pertama digunakan analisa kualitatif dengan menguraikan keadaan yang sebenarnya mengenai unit usaha di KUD Remaja Makmur. Tujuan kedua menganalisis tingkat kepuasan anggota KUD terhadap pelayanan pengurus digunakan analisa kuantitatif dengan metode Skala Likert. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa layanan pengurus dilihat dari tingkat kepuasan anggota memiliki kriteria penilaian tinggi. Penilaian ini dilihat dari aspek organisasi, aspek produk dan jasa, aspek kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan, aspek ketersediaan informasi, dan aspek unit usaha yang memiliki total rata-rata persentase sebesar 79%. Semua unit usaha yang dikelola oleh KUD sudah tergolong lengkap serta dapat memenuhi kebutuhan para anggota dan masyarakat sekitar. Disarankan kepada pihak pengurus KUD dapat lebih baik lagi dalam melakukan pengelolaan unit usaha serta diharapkan pihak pengurus dapat menambah unit usaha yang dapat menambah penghasilan anggota, selainitu, pihak KUD juga bisa memberikan keterampilan wirausaha bagi para anggota serta pelatihan yang menunjang pelayanan untuk para pengurus. Kata kunci: tingkat kepuasan, kesejahteraan, pembangunan, koperasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 01 Aug 2016 01:59
Last Modified: 01 Aug 2016 01:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13712

Actions (login required)

View Item View Item