FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN DOMINANNYA PEMBIAYAAN MELALUI AKAD MURABAHAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SOLOK.

Vina, Putri Sari (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN DOMINANNYA PEMBIAYAAN MELALUI AKAD MURABAHAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SOLOK. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (TESIS)
201503021219nd_vina putri sari sh -1220123048-.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)

Abstract

Tesis ini membahan tentang dominannya pembiayaan melalui akad Murabahah pada bank Syariah Mandiri cabang Solok. Seperti yang telah diproklamirkan oleh kebanyakan Bank Syariah bahwa Bank Syariah menganut sistem bagi hasil. Produk perbankan syariah yang berprinsip bagi hasil yaitu Mudharabah dan Musyarakah, namu dalam kenyataan dilapangan yang banyak dipakai oleh para nasabah Bank Syariah pada umumnya dan Bank Syaraiah Mandiri cabang Solok pada khususnya adalah produk perbankan syariah berupa sistem yang berlandaskan jual beli yang dikenal dengan istilah Murabahah. Penelitian ini mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai bagaimana kondisi pembiayaan pada Bank Syariah Mandiri cabang Solok, apa yang menyebabkan kecenderungan dominannya akad pembiayaan Murabahah pada Bank Syariah Mandiri cabang Solok, serta apa yang mempengaruhi dominannya pembiayaan Murabahah pada Bank Syariah Mandiri cabang Solok. Penelitian ini merupakan penelitian Yuridis Sosiologis yang menggunakan data sekunder sebagai data awal, kemudian dilanjutkan dengan data primer atau data lapangan. Data primer merupakan data utama penelitian ini. Sedangkan data sekunder digunakan sebagai pendukung data primer. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui wawancara dan studi pustaka baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen, dan sebagainya. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif. Jenis pembiayaan yang banyak di gunakan oleh nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Solok adalah Murabahah, hal ini disebabkan pada dasarnya kegiatan perekonomian masyarakat berprinsip jual beli. Akad murabahah yang dimaksud adalah menjual suatu barang dengan menegaskan harga belinya kepada pembeli dan pembeli membayarnya dengan harga yang lebih. Segala hal terkait pedoman pelaksanaan pembiayaan Murabahah pada Bank Syariah Mandiri cabang Solok tertuang dalam aturan-aturan yang tertera pada Bank Syariah Mandiri cabang Solok. Banyaknya produk perbankan syariah yang berprinsip Murabahah dipakai oleh nasabah Bank Mandiri cabang Solok di sebabkan oleh beberapa sebab hal yaitu lebih mudah, lebih menguntungkan, lebih pasti, dan lebih teratur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 31 Jul 2016 07:22
Last Modified: 31 Jul 2016 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13682

Actions (login required)

View Item View Item