HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA SMP KARTIKA 1-7 PADANG TAHUN 2015

Radni, Radni (2015) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA SMP KARTIKA 1-7 PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi)
201501271312th_pdf lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Remaja memiliki kemungkinan besar mengalami masa krisis, yaitu suatu masa yang ditandai dengan kecendrungan munculnya perilaku menyimpang atau kenakalan remaja. Kecerdasan emosional remaja dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah pola asuh orang tua dan dukungan sosial teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua, dukungan sosial teman sebaya dengan kecerdasan emosional remaja. Jenis penelitian ini adalah korelasional Analitik dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel yang diambil sejumlah 67 remaja dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Penelitian ini dilakukan dari bulan Oktober 2014 sampai Januari 2015 di SMP Kartika 1-7 Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dandianalisa dengan menggunakan distribusi frekuensi dan chi-square dengan derajat kepercayaan () = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap remaja di SMP Kartika 1-7 Padang adalah pola asuh permisif acuh tak acuh (38,8%), dengan dukungan sosial teman sebaya baik (53,7%) dan kecerdasan emosional remaja tinggi (50,7%). Disimpulkan bahwa terdapat hubungan tidak bermakna antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional remaja dengan nilai p= (p<0,05). Dan terdapat hubungan bermakna antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecerdasan emosional. Diharapkan kepada remaja menjalin komunikasi dan hubungan yang baik antara teman sebaya. Kata kunci : Dukungan Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional, Pola Asuh Orang Tua Daftar Bacaan : 40 (1990-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 31 Jul 2016 05:42
Last Modified: 31 Jul 2016 05:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item