ANALISIS KOMPETENSI PERAWAT DALAM PEMBERIAN ASUHAN KEPERAWATAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RSUP Dr. M.DJAMIL PADANG 2014

REFI, MARLINA (2015) ANALISIS KOMPETENSI PERAWAT DALAM PEMBERIAN ASUHAN KEPERAWATAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RSUP Dr. M.DJAMIL PADANG 2014. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi)
201501251209th_skripsi refi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)

Abstract

Rumah sakit adalah salah satu bentuk sarana kesehatan yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan merupakan suatu kondisi dinamis yang berpengaruh dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. Kepuasan adalah rasa senang seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesenangan terhadap aktifitas dan suatu produk dengan harapannya. Masih rendahnya kompetensi perawat di RSUP. Dr. M.Djamil Padang memberikan perhatian khusus untuk lebih memperhatikan cakupan kompetensi ini, sehingga pelayanan keperawatan dapat dilakukan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kompetensi perawat dalam pemberian asuhan keperawatan sebagai upaya meningkatkan kepuasan pasien di ruang rawat inap penyakit dalam RSUP. Dr. M.Djamil Padang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 44 orang. Data analisis menggunakan uji chi-square, dengan p<0,05. Hasil uji chi-square menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara kompetensi perawat yang meliputi : pengetahuan baik dengan p<0,05 , keterampilan baik dengan p<0,05, perilaku baik dengan p<0,05 , kecakapan baik dengan p<0,05 dengan kepuasan klien di ruang rawat inap penyakit dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diharapkan kepada perawat untuk dapat meningkatkan kembali pelayanan keperawatan dengan baik sehingga nantinya akan timbul kepuasaan dalam pemberi asuhan keperawatan. Kata Kunci : Kompetensi Perawat, Kepuasaan Pasien, Asuhan Keperawatan Daftar Pustaka : 85 (2001-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 31 Jul 2016 05:27
Last Modified: 31 Jul 2016 05:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13658

Actions (login required)

View Item View Item