SUMBER – SUMBER KEBAHAGIAAN PADA SISWA SMA YANG MENGIKUTI PROGRAM AKSELERASI DI SMA N 1 PADANG

GISTILISANDA, FAUZIN HUNDRA (2014) SUMBER – SUMBER KEBAHAGIAAN PADA SISWA SMA YANG MENGIKUTI PROGRAM AKSELERASI DI SMA N 1 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201411022041nd_skripsi gistilisanda fauzin hundra 1010351003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)

Abstract

Program akselerasi dibuat untuk memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa. Program akselerasi memiliki pengaruh positif yaitu memberikan kesempatan kepada anak berbakat untuk menyelesaikan studinya lebih cepat. Selain pengaruh positif, program akselerasi juga memiliki pengaruh negatif yaitu siswa akselerasi mengalami stres. Namun tingkat stres yang tinggi tidak terjadi pada siswa akselerasi SMA N 1 Padang. Stres itu sendiri erat hubungannya dengan subjective well – being dan subjective well – being itu merupakan bagian dari kebahagiaan. Fenomena stres yang tidak tinggi pada siswa akselerasi SMA N 1 Padang secara tidak langsung menunjukkan kualitas subjective well – being yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sumber – sumber kebahagiaan siswa akselerasi SMA N 1 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa akselerasi SMA N 1 Padang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 40 siswa dan metode yang digunakan adalah sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terbuka dengan pertanyaan berdasarkan teori diener mengenai subjective well – being. Analisis yang digunakan adalah content analysis. Hasil penelitian menunjukkan dari 40 siswa, 21 siswa (52.5 %) menjadikan masa pendidikan yang singkat sebagai alasan kepuasan terhadap program akselerasi dan 9 siswa (22.5 %) menjadikan program ekstrakurikuler yaitu studi komparatif sebagai hal yang menyenangkan selama mengikuti program akselerasi. Kemudian 11 siswa ( 27.5 %) menjadikan pertemanan sebagai hal yang mendukung kebahagiaan siswa akselerasi, 16 siswa (40 %) menjadikan keluarga khususnya orangtua sebagai orang yang mendukung keberhasilan siswa akselerasi, dan 20 siswa (50 %) menjadikan dukungan sosial yaitu emotional (esteem support) sebagai hal yang dilakukan untuk mendukung keberhasilan siswa akselerasi. Kata Kunci: Program Akselerasi, subjective well – being, sumber – sumber kebahagiaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 31 Jul 2016 04:00
Last Modified: 31 Jul 2016 04:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13641

Actions (login required)

View Item View Item