ANALISIS TATANIAGA GARDAMUNGGU (Amomum cardomomum)DARI NAGARI PAKAN RABAA TIMUR KECAMATAN KOTO PARIK GADANG DIATEH KABUPATEN SOLOK SELATAN

KOMALA, SARI (2014) ANALISIS TATANIAGA GARDAMUNGGU (Amomum cardomomum)DARI NAGARI PAKAN RABAA TIMUR KECAMATAN KOTO PARIK GADANG DIATEH KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201503241122th_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan saluran tataniaga dan lembaga niaga yang terkait dalam proses tataniaga gardamungu serta margin dan efisiensi tataniaga di Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah petani yang mengusahakan gardamunggu sebagai komoditi usahataninya. Metode yang digunakan adalah metode survei, dimana untuk pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling sebanyak 30 orang petani gardamunggu, 4 orang pedagang pengumpul desa, dan 3 orang pedagang besar. Sampel pedagang diambil berdasarkan keterlibatannya terhadap tataniaga petani sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola saluran tataniaga di Nagari Pakan Rabaa Timur yaitu pola saluran A yang terdiri dari Petani – Pedagang pengumpul desa – Pedagang besar – Eksportir, dan pola saluran B yang terdiri dari Petani – Pedagang besar – Eksportir. Dalam hal ini 18 orang petani sampel memilih pola saluran A (60%) dan 12 orang petani sampel memilih pola saluran B (40%). Hasil perhitungan menyatakan bahwa margin tataniaga pada saluran A lebih tinggi dibandingkan saluran B yaitu Rp 28.871,10/kg pada saluran A dan Rp 21.930,25/kg pada saluran B. Jika ditinjau nilai efisiensi tataniaga dari biaya tataniaga gardamunggu, saluran B merupakan saluran yang efisien karena mampu menyalurkan setiap 1 kg gardamunggu dengan biaya 3,14% dari nilai produk yang dipasarkan ketika pola saluran A memiliki nilai efisiensi 4,46%. Maka disarankan pada petani untuk memilih pola saluran B agar tataniaga yang dilakukan menjadi lebih efisien dan lebih menguntungkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 30 Jul 2016 08:57
Last Modified: 30 Jul 2016 08:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item View Item