HUBUNGAN FAKTOR RISIKO IBU HAMIL YANG MENDERITA ANEMIA DENGAN ANGKA KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RUMAH SAKIT UMUM DR. M. DJAMIL PADANG

AYU, SRI MEGA ASTUTI (2015) HUBUNGAN FAKTOR RISIKO IBU HAMIL YANG MENDERITA ANEMIA DENGAN ANGKA KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RUMAH SAKIT UMUM DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201503131051th_skripsi ayu sri mega.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anemia di dalam kehamilan adalah masalah yang umum di negara-negara berkembang. Menurut World Health Organization (WHO) anemia pada ibu hamil adalah kondisi ibu dengan kadar hemoglobin (Hb) dalam darahnya <11,0 gr/dl. Anemia dalam kaitannya dengan defisiensi zat besi adalah masalah kesehatan yang fungsional dan serius yang merupakan masalah gizi yang dapat diawasi dengan biaya yang sangat tinggi. Anemia didalam kehamilan mempunyai risiko yang tinggi terhadap kejadian bayi berat lahir rendah (BBLR), kelahiran preterm dan kematian janin. Disamping itu juga terdapat beberapa faktor risiko yang mempengaruhi dalam kelahiran bayi berat lahir rendah (BBLR) seperti faktor dari ibu itu sendiri dan faktor risiko dari kehamilan ibu. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang bersifat deskriptif analitik dengan rancangan penelitian cross sectional dengan menggunakan data sekunder dari bulan Januari- Desember 2012 pada bayi yang dilahirkan di RSUP Dr.M. Djamil Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik slovin dengan keakuratan 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa angka ibu yang mengalami anemia selama kehamilan sebesar 24,5%, bayi dengan berat lahir rendah yang dilahirkan ibu sebesar 33%, umur ibu yang berisiko sebesar 24,5%, paritas ibu yang berisiko sebesar 43,6%, ibu yang bekerja sebesar 9,6%, ibu yang memiliki riwayat penyakit sebesar 2,1% dan ibu yang mengalami perdarahan antepartum sebesar 3,2%. Dari hasil uji statistik didapatkan bahwa terdapat hubungan antara anemia ibu hamil dan perdarahan antepartum dengan kejadian BBLR. Kata kunci : ibu hamil anemia, umur ibu, paritas, pekerjaan, penyakit, perdarahan antepartum dan bayi berat lahir rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 30 Jul 2016 08:10
Last Modified: 30 Jul 2016 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13606

Actions (login required)

View Item View Item