STRATEGI IBU TUNGGAL DALAM MENJALANKAN FUNGSI KELUARGA(Studi Kasus : di Kelurahan Seberang Padang, Kota Padang, Sumatera Barat)

IFRIADIL, LIDWANA (2014) STRATEGI IBU TUNGGAL DALAM MENJALANKAN FUNGSI KELUARGA(Studi Kasus : di Kelurahan Seberang Padang, Kota Padang, Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201507141224th_strategi ibu tunggal dalam menjalankan fungsi keluarga.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mencoba membahas dan memahami bagaimana latar belakang seorang ibu tunggal dalam menjalankan fungsi keluarga mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali pemahaman secara mendalam mengenai strategi dan kendala-kendala yang dihadapi ibu tunggal dalam menjalankan fungsi keluarga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori strategi. Teori ini digunakan dalam menganalisa strategi yang digunakan oleh ibu tunggal dalam menjalankan fungsi ataupun keutuhan keluarganya. Berdasarkan fokus penelitian ini maka metode dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, dengan maksud menggambarkan seluas-luasnya terhadap fenomena yang ada, dengan teknik pengumpulan data berdasarkan pengamatan, wawancara, dan studi kepustakaan. Pemilihan informan ditentukan secara purposive berdasarkan kriteria yang penulis tentukan. Data yang diperoleh kemudian disusun dan diklasifikasikan sesuai dengan kemampuan penulis. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Seberang Padang, Kota Padang. Subjek penelitian ini adalah ibu-ibu tunggal yang berumur 20-50 tahun dan mempunyai anak. Populasi dalam penelitian ini diperkirakan ada sekitar ±52 orang. Sampel diambil 5 orang yang terdiri dari 3 orang berstatus ibu muda, dan 2 berstatus ibu yang telah berumur. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa dari kelima subjek penelitian ini diperoleh gambaran positif dari seseorang ibu yang berperan sebagai ibu tunggal, dimana setelah menjadi ibu tunggal mereka tidak lepas tangan terhadap kelangsungan hidup keluarganya, melainkan mereka lebih bersemangat dalam mencari nafkah, bekerja membanting tulang demi pemenuhan kebutuhan anak-anaknya, dari hasil penelitian ini ibu tunggal menerapkan strategi-strategi jitu supaya keluarganya tetap berjalan normal tanpa harus bergantung, baik pada pihak saudara-saudara kandung ataupun keluarga ibu atau mertua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 30 Jul 2016 07:47
Last Modified: 30 Jul 2016 07:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13594

Actions (login required)

View Item View Item