Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Solok Selatan Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Pemerintahan Nagari (Studi Pada Pelaksanaan Tupoksi Pemerintah Nagari di Nagari Ranah Pantai Cermin)

FERI, NASRIL (2015) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Solok Selatan Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Pemerintahan Nagari (Studi Pada Pelaksanaan Tupoksi Pemerintah Nagari di Nagari Ranah Pantai Cermin). Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201504241645th_srpsi feri nasril.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Solok Selatan No. 6 Tahun 2009 Tentang Pemerintahan Nagari (Studi Pada Pelaksanaan Tupoksi Pemerintah Nagari di Nagari Ranah Pantai Cermin), bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi Perda No. 6 Tahun 2009 Tentang Pemerintahan Nagari pada Pelaksanaan Tupoksi Pemerintah Nagari di Nagari Ranah Pantai Cermin dan juga mendeskripsikan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan yang terjadi dalam internal implementor kebijakan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan model implementasi George C Edwards III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara itu, teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Solok Selatan No. 6 Tahun 2009 Tentang Pemerintahan Nagari pada Pelaksanaan Tupoksi Pemerintah Nagari di Nagari Ranah Pantai Cermin sudah berjalan efektif. Hal ini terlihat pada komunikasi yang telah terlaksana dengan efektif, kewenangan, Informasi tentang tata cara pelaksanaan tupoksi, informasi tentang ketaatan para perangkat nagari serta fasilitas yang diberikan baik dari segi fasilitas fisik dan anggaran juga efektif, begitupun juga dengan fragmentasinya sudah efektif. Namun untuk disposisi implementor masih lemah dan tidak adanya SOP yang tidak bisa diterapkan dengan efektif . Saran untuk Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Solok Selatan No.6 Tahun 2009 Tentang Pemerintahan Nagari Pada Pelaksanaan Tupoksi Pemerintah Nagari di Nagari Ranah Pantai Cermin, diantaranya perlu ditingkatkannya ketersediaan Staf pelaksana baik itu secara kualitas maupun kuantitas, pemberian insentif yang sesuai dengan apa yang telah dikerjakan oleh perangkat nagari, selain itu juga perlu ditingkatkan pelatihan terhadap semua perangkat nagari yang ada di pemerintah nagari Ranah Pantai Cermin Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pemerintahan Nagari

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 14 Aug 2016 09:42
Last Modified: 14 Aug 2016 09:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13549

Actions (login required)

View Item View Item