UJI MIKROORGANISME PADA CABAI (Capsicum annuum) BAKSO YANG DISAJIKAN DI TEMPAT PENJUALAN BAKSO DI KECAMATAN PADANG TIMUR

RAJA, NONA MILLANI (2014) UJI MIKROORGANISME PADA CABAI (Capsicum annuum) BAKSO YANG DISAJIKAN DI TEMPAT PENJUALAN BAKSO DI KECAMATAN PADANG TIMUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201503101102th_cd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bakso merupakan salah satu kuliner yang favorit disemua kalangan. Sebagian besar penikmatnya selalu mencampurkan cabai sebagai penambah rasa pedas. Pada beberapa tempat penjualan bakso banyak kemungkinan terjadinya kontaminasi pada cabai yang disajikan diantaranya tempat cabai bakso yang kurang bersih. Tujuan penelitian ini untuk memeriksa mikroorganisme pada cabai bakso yang disajikan di tempat penjualan bakso di Kecamatan Padang Timur. Penelitian dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dari bulan Oktober 2013 sampai bulan Desember 2014 secara deskriptif. Jumlah sampel 20, diambil dari tempat penjualan bakso di Kecamatan Padang Timur. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar sampel (90%) mengandung bakteri yaitu Klebsiella sp, Enterobacter sp, Proteus sp, Bacillus sp, Streptococcus sp dan sebanyak 10% mengandung candida. Diharapkan konsumen berhati-hati dalam mengkonsumsi cabai bakso yan disajikan ditempat penjualan bakso.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 30 Jul 2016 04:24
Last Modified: 30 Jul 2016 04:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13538

Actions (login required)

View Item View Item