UJI KONSENTRASI EKSTRAK AIR DAUN Lantana camara Linn(Verbenaceae) TERHADAP MORTALITAS DAN PERKEMBANGAN Spodoptera exigua Hubner (Lepidoptera: Noctuidae)

NICHA, PUSPITALIA (2016) UJI KONSENTRASI EKSTRAK AIR DAUN Lantana camara Linn(Verbenaceae) TERHADAP MORTALITAS DAN PERKEMBANGAN Spodoptera exigua Hubner (Lepidoptera: Noctuidae). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201602151005th_skripsi nicha puspitalia pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Spodoptera exigua Hubner merupakan salah satu hama utama yang merusak tanaman bawang merah. Pestisida nabati dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang murah, mudah dan ramah lingkungan dalam mengendalikan hama tersebut. Lantana camara Linn merupakan tumbuhan yang berpotensi sebagai pestisida nabati. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi ekstrak air daun L. camara yang aktif terhadap mortalitas, penurunan aktivitas makan dan perkembangan S. exigua di laboratorium. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan dengan 5 ulangan. Konsentrasi ekstrak yang digunakan adalah 0%, 2%, 4%, 6%, 8% dan 10%. Ekstrak diaplikasikan melalui pencelupan pakan larva. Parameter yang diamati adalah mortalitas larva, penurunan aktivitas makan, lama perkembangan larva, persentase pupa, bobot pupa dan persentase imago yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi ekstrak air daun L. camara bersifat insektisida dengan nilai LC50 adalah 5,02%. Ekstrak air daun L. camara juga menyebabkan terjadinya penurunan aktivitas makan, menghambat perkembangan larva, pupa, dan imago terbentuk. Kata kunci : ekstrak air, Lantana camara , insektisida nabati, Spodoptera exigua

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 30 Jul 2016 04:20
Last Modified: 30 Jul 2016 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

View Item View Item