PENERAPAN MODEL DEMAND CHAIN OPERATION REFERENCE (DCOR) PADA PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus: PT Kunango Jantan)

INDRA, FIRDAUS (2015) PENERAPAN MODEL DEMAND CHAIN OPERATION REFERENCE (DCOR) PADA PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus: PT Kunango Jantan). Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img] Text (Tugas Akhir)
201504161147th_indra firdaus 1010931013.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan dunia bisnis yang terus mengikuti zaman globalisasi membuat perusahaan harus mampu menemukan cara sendiri untuk bertahan ditengah ketatnya persaingan antar perusahaan. PT Kunango Jantan merupakan salah satu industri yang berkembang di Sumatera Barat. Namun belakangan ini, ditemukan beberapa ketidakseimbangan antara jumlah yang diproduksi dengan penjualan. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor diantaranya seperti belum diterapkannya sistem pengukuran kinerja oleh perusahaan. Model Demand Chain Operation Reference (DCOR) merupakan salah satu metode dalam penilaian kinerja perusahaan. Metode ini menggunakan dua perspektif yaitu perspektif internal perusahaan dan perspektif pelanggan. Sebuah konsep DCOR dapat disebut sebagai sistem informasi yang memberikan masukan langsung kerantai pasokan untuk mengoptimalkan kinerja penjualan perusahaan. Penerapan Model Demand Chain Operation Reference (DCOR) pada pengukuran kinerja perusahaan di PT Kunango Jantan, didapatkan 12 KPI dari 34 KPI yang telah dikembangkan sebelumnya yang sesuai dengan perusahaan. 12 KPI tersebut diantaranya 7 KPI perspektif internal, yang terdiri dari 2 KPI penjualan dan pemasaran, 4 KPI distribusi dan 1 KPI biaya. Sedangkan 5 KPI dari perspektif pelanggan yang terdiri dari 1 KPI kualitas, dan 2 KPI keandalan dan 2 KPI tingkat layanan. Kinerja secara keseluruhan pada divisi tiang PT Kunango Jantan mengalami kenaikan pada tahun 2014. Dimana nilai performansi pada tahun 2014 ini, divisi tiang memperoleh nilai sebesar 8.4. Dapat dilihat dari hasil tabel OMAX, untuk nilai performansi saat ini, divisi tiang PT Kunango Jantan berada pada posisi hijau, yang berarti dalam posisi baik. Hal itu terbukti dari beberapa sub indikator yang didapatkan hampir memenuhi dari target yang diharapkan oleh perusahaan. Kata Kunci: Pengukuran Kinerja Perusahaan, Model Demand Chain Operation Reference, Analytic Hierarchy Process, ObjectiveMatrix.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 14 Aug 2016 09:43
Last Modified: 14 Aug 2016 09:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13521

Actions (login required)

View Item View Item