DASAR PERTIMBANGAN HAKIM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Klas I A Padang)

VIVI, SHARMILA (2015) DASAR PERTIMBANGAN HAKIM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Klas I A Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201506011539st_pi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak adalah bagian dari generasi muda sebagai salah satu sumber daya manusia yang merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa di masa yang akan datang, yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus, memerlukan pembinaan dan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, dan sosial secara seimbang. Dewasa ini kejahatan yang dilakukan oleh anak mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Permasalahan yang penulis kaji dalam skripsi ini adalah a) Dasar Pertimbangan Hakim Menjatuhkan Pidana Terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum di Pengadilan Negeri Klas I A Padang. b) Kesesuaian antara Putusan Hakim Terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum dengan Tujuan Pemidanaan. c) Faktor yang Menjadi Kendala Bagi Hakim Dalam Menjatuhkan Pidana Terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum. Metode penelitian yang digunakan besifat yuridis sosiologis yaitu pendekatan penelitian yang menekankan pada aspek hukum (peraturan perundang-undangan) berkenaan dengan pokok masalah yang dibahas, dikaitkan dengan kenyataan di lapangan atau mempelajari tentang hukum positif suatu objek penelitian dan melihat praktek yang terjadi di lapangan kemudian dianalisis secara kualitatif dan dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: a) Dasar pertimbangan hakim menjatuhkan pidana terhadap anak yang berkonflik dengan hukum dengan memperhatikan masa depan anak tersebut. b) kesesuaian putusan hakim dengan tujuan pemidanaan sebenarnya diluar prediksi hakim, namun hakim tetap mengupayakan tercapainya tujuan pemidanaan. c) kendala yang dihadapi hakim dalam menjatuhkan putusan dapat berupa kendala dalam proses persidangan dan ancaman dari luar nantinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 30 Jul 2016 03:49
Last Modified: 30 Jul 2016 03:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13518

Actions (login required)

View Item View Item