MANAJEMEN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT PETANI SWADAYA DI JORONG PARIT KENAGARIAN PARIT KECAMATAN KOTO BALINGKA KABUPATEN PASAMAN BARAT, SUMATERA BARAT

Wilda, Maroha (2015) MANAJEMEN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT PETANI SWADAYA DI JORONG PARIT KENAGARIAN PARIT KECAMATAN KOTO BALINGKA KABUPATEN PASAMAN BARAT, SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201511120952th_lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktek manajemen perkebunan kelapa sawit petani swadaya pada tiga tahap dalam manajemen perkebunan kelapa sawit : 1). Tahap pra produksi (yaitu dari pengembangan perkebunan hingga periode akhir tanaman belum menghasilkan), 2). Tahap pemeliharaan, 3). Tahap panen. Menggunakan metode survei, penelitian ini mewawancarai 30 petani sampel dari 145 populasi menggunakan kuesioner di Jorong Parit Kecamatan Koto Balingka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum praktek manajemen perkebunan kelapa sawit petani swadaya, diukur dengan menggunakan skor, termasuk kategori sedang berdasarkan jaraknya dari Best Management Practice. Baik pada tahap pra produksi dan tahap pemeliharaan, praktek manajemen berada dalam kategori sedang, sementara praktek pada tahap panen ditemukan baik. Temuan penelitian ini mengisyaratkan bahwa rendahnya produktivitas perkebunan kelapa sawit petani swadaya memang berkaitan dengan lemahnya manajemen, terutama pada tahap pra produksi dan tahap pemeliharaan perkebunan. Karena ini penelitian deskriptif, diperlukan penelitian eksplanatori lebih lanjut untuk menjawab pertanyaan mengapa praktek manajemen lebih rendah dari yang semestinya untuk merancang intervensi kebijakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 14 Aug 2016 09:47
Last Modified: 14 Aug 2016 09:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13328

Actions (login required)

View Item View Item