RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR ANGKA KECUKUPAN GIZI (AKG) DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER

ZAKKY, AULIA (2015) RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR ANGKA KECUKUPAN GIZI (AKG) DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER. Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
201511161926th_zakky aulia_1110453027.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sebuah sistem yang dapat mengukur Angka Kecukupan Gizi (AKG) dengan menggunakan mikrokontroler. Sistem dibuat terdiri atas 5 komponen utama yaitu sensor Load Cell berfungsi untuk mengukur berat badan, sensor ultrasonik berfungsi untuk mengukur tinggi badan, Keypad berfungsi sebagai perangkat input : 1. Usia 2. Jenis kelamin 3. Jenis aktivitas. Mikrokontroler Arduino Uno berfungsi sebagai proses perhitungan AKG dan Liquid Crystal Display (LCD) berfungsi untuk menampilkan nilai AKG. Pengujian dilakukan sebanyak 10 orang objek yang terdiri dari 3 orang perempuan dan 7 orang laki-laki dengan usia antara 10-18 tahun. Seseorang harus berdiri diatas timbangan yang terpasang sensor load cell dan berdiri dibawah sensor ultrasonik yang terpasang pada tonggak untuk diukur berat dan tinggi badan. Ketika diukur berat dan tinggi badan seseorang harus melakukan input usia, jenis kelamin dan jenis aktivitas untuk diproses oleh mikrokontroler Arduino Uno menghitung nilai AKG yang terdiri dari angka kecukupan energi dalam satuan kilo kalori (kkal), kecukupan protein, lemak, karbohidrat, serat dalam satuan gram (g) dan ditampilkan pada sebuah LCD. Setelah dilakukan pengujian sebanyak 10 orang objek pada perhitungan mikrokontroler, maka dapat disimpulkan bahwa nilai eror terkecil AKG untuk kecukupan energi yaitu 0 % dan nilai eror terbesar yaitu 6,60 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 14 Aug 2016 09:50
Last Modified: 14 Aug 2016 09:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13321

Actions (login required)

View Item View Item