YANDRA, SAPUTRA (2015) Kualitas Pelayanan Pasien di Poli Paru RSUD Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan.
Text
skripsi yandra.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Kualitas Pelayanan Pasien di Poli Paru RSUD Kab. Padang Pariaman. Dalam penelitian ini melihat pelaksanaan dari pemberian layanan kepada pasien di Poli Paru di RSUD Kab. Padang Pariaman, apakah telah optimal sebagai rumah sakit milik pemerintah yang bertipe C. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Dimensi Servqual milik Zethaml, Parasuraman, dan Berry yang mendeskripsikan lima dimensi yang mengatur alur kegiatan di Poli Paru. Masih perlu ada beberapa perbaikan dari beberapa sektor dalam memberikan pelayanan prima kepada pasien agar bisa bersaing dengan rumah sakit lain. Namun, hal tersebut akan terjadi dalam waktu lama karena butuh proses disebabkan rumah sakit ini masih baru. Masih kurangnya perhatian dari pihak rumah sakit sendiri terhadap pasien RSUD Kab. Padang Pariaman umunya dan Poli Paru khususnya. Selanjutnya menyediakan dokter spesialis bukan terus mendatangkan dokter yang residen sehingga janji dengan pasien bisa ditepati dan sangat penting agar pemberi layanan tidak lalai dalam memberikan pelayanan prima kepada pasien. Lalu kesungguhan petugas pemberi layanan cukup bagus karena adanya kepedulian kepada pasien dan cepat tanggap sesuai tupoksi pemberi layanan serta tidak mengabaikan pasien. Selanjutnya membangkitkan kepercayaan kepada pelanggan dan membuat pelanggan merasa aman dalam transaksi sangat dibutuhkan agar memupuk kepercayaan pasien kepada RSUD Kab. Padang Pariaman sebagai RSUD milik pemerintah yang bertipe C serta petugas yang memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan pasien karena petugas berhubungan langsung dengan masyarakat maka beberapa hal perlu diperhatikan agar pelayanan yang prima dan kenyamanan bersama terjaga serta suasana RSUD tetap kondusif. Terakhir, bahwa rasa tanggung jawab kepada masyarakat dan harus sesuai dengan kode etik dan peraturan yang ada sertapetugas memahami kebutuhan pasien merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh pihak RSUD dalam pelaksanaan pelayanan prima dalam memberikan pelayanan kesehatan yang sesungguhnya tanpa pandang status serta demi kenyaman bersama. Hal ini menunjukkan Kualitas Pelayanan Pasien di Poli Paru RSUD Kab. Padang Pariaman belum terlaksana dengan baik, meskipun ada beberapa hal yang telah sesuai tugasnya dengan baik dengan melakukan dengan memberikan pelayanan terbak kepada pasien. Namun, secara umum Kualitas Pelayanan Pasien di Poli Paru RSUD Kab. Padang Pariaman telah memberikan pengaruh baik terhadap pasien dan keluarga pasien karena selalu ada perbaikan disetiap lini di Poli Paru tersebut. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Pasien di Poli Paru RSUD Kab. Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Ms Randa Erdianti |
Date Deposited: | 10 Feb 2016 07:49 |
Last Modified: | 10 Feb 2016 07:49 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1323 |
Actions (login required)
View Item |