STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA (USER) APLIKASI WECHAT PADA SISWA SMA (KASUS SISWA SMAN 1 DAN SMAN 11 PADANG)

Yeni, Hanifah (2015) STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA (USER) APLIKASI WECHAT PADA SISWA SMA (KASUS SISWA SMAN 1 DAN SMAN 11 PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201505042220th_yeni hanifah pdf - 0910863062.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi di seluruh dunia. Perkembangan teknologi komunikasi dapat dilihat dengan munculnya smartphone yang mempunyai kemampuan koneksi internet yang menyediakan layanan jejaring sosial dan aplikasi chatting salah satunya yaitu WeChat. WeChat dapat dikatakan sebagai salah satu media sosial atau aplikasi chatting yang mengakibatkan perubahan yang drastis pada tipe interaksi sosial yang ada sebelumnya. Dahulu tatap muka menjadi peristiwa yang paling utama dalam kegiatan interaksi sosial, sekarang sudah tergantikan oleh sistem antar muka dari dunia virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi WeChat, dan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi WeChat pada siswa SMAN 1 dan siswa SMAN 11 Padang. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner, objek penelitian adalah 100 orang responden yang merupakan siswa SMAN 1 dan siswa SMAN 11 Padang yang aktif menggunakan WeChat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teori Uses and Gratification digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Untuk melihat tingkat kepuasan pengguna aplikasi WeChat digunakan analisis uji T-test Satu Sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMAN 1 dan SMAN 11 Padang sering menggunakan WeChat. Siswa SMAN 1 Padang menggunakan WeChat kurang dari satu jam dalam sekali akses dan sering menggunakan WeChat untuk berinteraki dengan kenalan baru. Siswa SMAN 11 menggunakan WeChat 1 1⁄2 sampai 2 jam dalam sekali akses, mereka lebih sering berinteraksi dengan teman. Tingkat kepuasan pengguna WeChat pada siswa SMAN 1 dan SMAN Padang diatas rata-rata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:37
Last Modified: 28 Jul 2016 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13210

Actions (login required)

View Item View Item