ANALISA PERBANDINGAN FILTER PASIF SINGLE TUNED DAN HIGH-PASSSEBAGAI PEREDAM HARMONIK MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP (STUDI KASUS SISTEM KELISTRIKAN JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS ANDALAS)

VINGKY, HENDRIEK YOMERLIN (2015) ANALISA PERBANDINGAN FILTER PASIF SINGLE TUNED DAN HIGH-PASSSEBAGAI PEREDAM HARMONIK MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP (STUDI KASUS SISTEM KELISTRIKAN JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS ANDALAS). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201511051513th_vingky hendriek y.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Harmonik merupakan permasalahan yang umum terjadi pada system tenaga listrik, yang menyebabkan gelombang arus maupun gelombang tegangan menjadi tidak sinusoidal akibat terdistorsi oleh harmonik. Sumber harmonic berasal dari beban non linier, yang sebagian besar terdapat pada beban rumah tangga. Untuk mengatasi permasalahan harmonic ini digunakan filter harmonik. Dimana filter harmonic tersebut berfungsi untuk mereduksi harmonik yang terjadi dalam sistem. Pada penelitian ini, menggunakan dua jenis filter pasif yaitu filter single tuned dan filter high-pass. Filter ini akan dipasang pada beban yang akan diredam arus harmoniknya, sehingga nilai THD (Total Harmonic Distortion) arus dapat diturunkan. Oleh karena itu, perlu ditentukan karakteristik THD arus dari beban yang akan dipasang filter single tuned maupun filter high-pass. Setelah mendapat data-data dari pengukuran, akan dilakukan perhitungan untuk menentukan spesifikasi dari filter single tuned maupun filter high-pass dan kemudian disimulasikan pada program ETAP POWER STATION 12.6.0. Setelahitu, dilihat perbandingan kinerja dari filter single tuned maupun filter high-pass dalam meredam arus harmonic dan menurunkan nilai THD arus. Kedua filter pasif ini kinerjanya cukup baik, terbukti dapat menurunkan arus harmonic maupun THD (Total Harmonic Distortion) dari saluran yang akan diredam harmoniknya. Kata Kunci : Harmonik, beban non linier, filter pasif single tuned, filter pasif high-pass

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:20
Last Modified: 28 Jul 2016 02:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13109

Actions (login required)

View Item View Item