TINGKAT KUALITAS WEBSITE RESMI PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT(Studi Pada Website www.sumbarprov.go.id Menggunakan WebQual 4.0)

Hadi, Muflich Irfianda (2015) TINGKAT KUALITAS WEBSITE RESMI PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT(Studi Pada Website www.sumbarprov.go.id Menggunakan WebQual 4.0). Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201511270805th_skripsi hadi muflich irfianda 1110863014.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pengguna website serta untuk mengetahui klasifikasi kualitas dari website tersebut. Pengukuran tingkat kualitas ini didasarkan pada kualitas dikemukakan oleh Zhang dan Von Dran. Kualitas website akan dilihat melalui tiga aspek yaitu kemudahan penggunaan (Usability Quality), kualitas Informasi (Information Quality), dan kualitas interaksi atau service (Service Quality). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner. Objek penelitian adalah 85 responden yang merupakan pegawai di lingkungan Sekretariat Kantor Gubernur Sumatera Barat dan pernah mengakses www.sumbarprov.go.id. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teori Webqual 4.0 miilik Zhang dan Von Dran akan digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Dan untuk melihat tingkat kualitas dari website ini digunakan analis uji beda T-test one sample dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan dari 3 hal yang menjadi standar penilaian, website mendapatkan nilai yang cukup berkualitas. Kemudahan penggunaan merupakan kekuatan dari website www.sumbarprov.go.id karena mendapat nilai persentase tertinggi sebesar 65%, berikutnya adalah kualitas informasi dari website mendapatkan persentase sebesar 64,2%. Kualitas service atau interaksi merupakan sedikit kelemahan dari website dimana mendapatkan hasil persentase rendah diantara kemudahan penggunaan dan kualitas informasi sebesar 59,2%. Jadi dapat disimpulkan secara keseluruhan website berada pada posisi cukup berkualitas dengan nilai persentase 63,2%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 28 Jul 2016 08:48
Last Modified: 28 Jul 2016 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item