EDWIN, YULISKA (2015) PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DI BIDANG PERUMAHAN PADA BPSK KOTA PADANG. Diploma thesis, Univeristas Andalas.
Text (Thesis Fulltext)
201511301418th_tesis edwin yuliska.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pada penyelesaian sengketa konsumen di bidang perumahan, para pihak yang berperkara sedapat mungkin mengakhiri sengketa dengan jalur perdamaian, karena bagaimanapun juga penyelesaian sengketa dengan jalur perdamaian akan mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Keberadaan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) diharapkan mampu memberikan solusi perlindungan konsumen terhadap setiap sengketa konsumen serta dapat malaksanakan kewenangannya dalam menerima pengaduan dan menyelesaikan sengketa konsumen baik secara konsiliasi, mediasi maupun arbitrase. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian berjudul : “Penyelesaian sengketa konsumen dibidang perumahan pada BPSK Kota Padang”. Adapun perumusan masalah dalam pembahasan ini adalah, Bagaimanakah proses penyelesaian sengketa konsumen di bidang perumahan pada BPSK Kota Padang, apakah permasalahan yang dihadapi oleh BPSK Kota Padang dalam penyelesaian sengketa konsumen di bidang perumahan. Dalam penulisan Tesis ini penulis menggunakan metode penelitian hukum yuridis sosiologis yaitu pendekatan melalui penelitian-penelitian hukum dengan melihat peraturan-peraturan hukum yang berlaku dan menghubungkannya dengan kenyataan yang terjadi dalam praktek. Pendekatan ini dilakukan dengan cara turun langsung kelapangan untuk memperoleh data primer dan di samping itu juga dilakukan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data skunder. Kemudian kesimpulan dari penelitian ini adalah, Pada penyelesaian sengketa konsumen di BPSK Kota Padang, para pihak yang berselisih diberikan 3 (tiga) pilihan penyelesaian sengketa yaitu konsiliasi, mediasi dan arbitrase. Penyelesaian yang dilakukan tidak berjenjang dan putusan dari BPSK Kota Padang bersifat final dan mengikat, sehingga tidak ada istilah banding di BPSK Kota Padang. Kendala yang dihadapi pada proses penyelesaian sengketa konsumen di BPSK Kota Padang, sering terkendala dalam proses pemanggilan pada pelaku usaha sehingga mengakibatkan terkendala pula terhadap pilihan proses penyelesaian sengketa, sebab pelaku usaha mempunyai kebebasan untuk memilih penyelesaian sengketa, baik di BPSK atau Pengadilan Negeri sebagai tempat untuk menyelesaikan sengketa konsumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | Mr Meivrizon Veri |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 08:45 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 08:45 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13088 |
Actions (login required)
View Item |