Identifikasi Kandungan Antosianin, Polifenol dan Aktifitas Antioksidan terhadap Tanaman Belimbing Cina (Lepisanthes alata (Blume) Leenh.)

Syafni, Wilma (2016) Identifikasi Kandungan Antosianin, Polifenol dan Aktifitas Antioksidan terhadap Tanaman Belimbing Cina (Lepisanthes alata (Blume) Leenh.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Utuh)
skripsi utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Belimbing cina merupakan tanaman yang sangat potensial memiliki buah yang sangat menarik dengan warna merah pekat saat sudah matang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan antosianin, polifenol, aktivitas antioksidan dan toksisitas dari tanaman belimbing cina. Penelitian ini dilakuan dengan menggunakan metode eksploratif dengan empat pengujian yaitu, antosianin sebanyak empat sampel (kulit buah, daging buah, biji dan buah utuh), uji polifenol sebanyak enam sampel (kulit buah, daging buah, biji, buah utuh,kulit batang dan daun), antioksidan dengan pelarut air, metanol dan etanol sebanyak enam sampel (kulit buah, daging buah, biji, buah utuh,kulit batang dan daun) dan uji toksisitas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tanaman belimbing cina mempunyai kandungan antosianin tertinggi terdapat pada kulit buah dengan nilai 1460,2 ppm dan kadar antosianin terendah terdapat pada daging buah dengan nilai 697,62 ppm, sedangkan untuk kandungan polifenol tertinggi terdapat pada buah utuh dengan nilai 2,901% dan terendah pada daging buah dengan nilai 0,702%. Untuk aktivitas antioksidan didapatkan nilai tertinggi pada kulit buah dengan niai nilai 92,12% menggunakan pelarut metanol. Bedasarkan uji toksisitas didapatkan bahwa tanaman belimbing cina tidak mengandung toksik. Kata Kunci– Belimbing Cina, Antosianin, Polifenol, antioksidan, toksik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 28 Jul 2016 06:35
Last Modified: 28 Jul 2016 06:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13054

Actions (login required)

View Item View Item