UJI KONSENTRASI Metarhizium sp FORMULASI UNTUK PENGEN-DALIAN Spodoptera exigua PADA PERTANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascallonicum L.)

MUHAMMAD, IKBAL (2015) UJI KONSENTRASI Metarhizium sp FORMULASI UNTUK PENGEN-DALIAN Spodoptera exigua PADA PERTANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascallonicum L.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201510301056th_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Metarhizium sp merupakan salah satu jenis cendawan entomopatogen yang dapat menginfeksi serangga sehingga dapat mengendalikan Spodoptera ex-igua pada tanaman bawang merah. Tujuan penelitian untuk menentukan konsen-trasi Metarhizium sp formulasi yang paling efektif dalam mengendalikan S. ex-igua di lapangan.Rancanagan Acak Kelompok (RAK) digunakan dalam penelitian dengan 6 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan adalah konsentrasi Metarhizium sp formulasi,yaitu 20, 30 , 40 , 50, dan 60 g/l, dan kontrol ( tanpa perlakuan Metarhi-zium sp ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metarhizium sp formulasi dapat mengendalikan S. exigua pada tanaman bawang merah, dan konsentrasi yang pal-ing efektif adalah 50 g/l dengan tingkat serangan 12,06 %. Kata kunci : Spodoptera exigua., Metarhizium sp., bawang merah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 27 Jul 2016 10:10
Last Modified: 27 Jul 2016 10:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13014

Actions (login required)

View Item View Item