PEMODELAN ESTIMASI BIAYA AWAL PROYEK REKONSTRUKSI JALAN DENGAN METODE

RAHMAT, DONAL (2014) PEMODELAN ESTIMASI BIAYA AWAL PROYEK REKONSTRUKSI JALAN DENGAN METODE. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis)
201411022033nd_tesis rahmat donal.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membuat sebuah pemodelan untuk perhitungan harga awal pada proyek Rekonstruksi Jalan yang dapat digunakan dalam penyusunan penganggaran dana proyek untuk tahun anggaran baru dan dapat diketahui perkiraan kebutuhan biaya rekonstruksi jalan nasional di wilayah II Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya terdapat kekurangan dari metode yang biasa digunakan dan belum optimalnya metode yang biasa digunakan serta sering terdapat kesalahan dalam penentuan biaya awal proyek untuk pengajuan anggaran biaya proyek pada awal tahun anggaran.Metode yang digunakan menggunakan prinsip Cost Significant Model dan persamaan regresi linear berganda. Data yang digunakan adalah data paket rekonstruksi jalan nasional wilayah II Provinsi Sumatera Barat dari tahun 2011 sampai tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa divisi perkerasan aspal secara signifikan berpengaruh terhadap biaya proyek rekonstruksi jalan nasional di wilayah 2 Sumatera Barat, dimana 77,1% biaya rekonstruksi jalan dipengaruhi oleh harga perkerasan aspal dan sisanya 22,9% dipengaruhi oleh item pekerjaan lain dengan proporsi 84,10% dari biaya total proyek adalah harga perkerasan aspal. Model perkiraan biaya rekonstruksi jalan dinyatakan dalam persamaan Y = 1,85 X12 + 1,23 X13 + 1,31 X16 – 19839,341 dengan Y adalah biaya rekonstruksi Jalan per m2 luas jalan, X12 adalah Harga AC-WC per m2, X13 adalah Harga ACBC per m2 dan X16 adalah Harga Aspal Keras per m2. Hasil menunjukkan nilai CMF rata-rata 1,008 dan deviasi model perkiraan biaya proyek rekonstruksi jalan dengan metoda cost significant model berkisar antara 0,28% - 4.55% sementara metode PU (Bina Marga) berkisar antara 15,43% - 26,96%. Perkiraan biaya dengan cost significant model sangat baik digunakan dalam perkiraan kebutuhan biaya proyek rekonstruksi jalan di wilayah II Sumatera Barat. Kata kunci : Cost significant model, perkiraan biaya, rekonstruksi jalan nasional

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 27 Jul 2016 09:59
Last Modified: 27 Jul 2016 09:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13007

Actions (login required)

View Item View Item