TANDA-TANDA ALAM PADA JUDUL-JUDUL CERPEN DALAM KUMPULAN CERPEN MUSIM YANG MENGGUGURKAN DAUN KARYA YETTI A. KA (TINJAUAN SEMIOTIK)

Riri Wahyuni, Wahyuni (2015) TANDA-TANDA ALAM PADA JUDUL-JUDUL CERPEN DALAM KUMPULAN CERPEN MUSIM YANG MENGGUGURKAN DAUN KARYA YETTI A. KA (TINJAUAN SEMIOTIK). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (full text)
201502251437th_skripsi riri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keragaman tanda-tanda alam pada judul-judul cerpen dan makna pada tanda-tanda alam dalam kumpulan cerpen Musim yang Menggugurkan Daun karya Yetti A. KA. Selain itu, tiap-tiap tanda yang terdapat pada judul-judul cerpen dalam kumpulan cerpen MYMD memiliki makna yang tersirat. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan bentuk tanda-tanda alam pada judul-judul cerpen dalam kumpulan cerpen MYMD. 2) menjelaskan makna dari tanda-tanda alam pada judul-judul cerpen dalam kumpulan cerpen MYMD. Metode dan teknik penelitian yang digunakan, yaitu 1) tahap pengumpulan data, 2) tahap analisis data, dan 3) penyajian hasil analisis data. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan instrinsik dan semiotika Pierce, yang diawali dengan analisis unsur-unsur instrinsik, dan dilanjutkan pada pemaknaan denotatif dan konotatif. Operasi semiotik Pierce ini pada akhirnya menghasilkan pemaknaan yang utuh dan mendalam melalui segitiga makna Pierce adanya korelasi antar sistem tanda. Hasil analisis data disajikan secara deskriptif menggunakan kutipan-kutipan penunjang dari sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk tanda-tanda alam pada judul cerpen dalam kumpulan cerpen MYMD yaitu, ikon metaforis, indeks dan simbol. Bentuk-bentuk tanda-tanda alam tersebut mengandung makna tersirat. Makna denotatif pada judul-judul cerpen dalam kumpulan cerpen MYMD mengandung makna leksikal. Pada makna konotatif pada tanda-tanda alam pada judul-judul cerpen dalam kumpulan cerpen MYMD menggambarkan kehidupan perempuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 27 Jul 2016 07:11
Last Modified: 27 Jul 2016 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12917

Actions (login required)

View Item View Item