ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA BIDAN PUSKESMAS DALAM PELAYANAN ANTENATAL DI PUSKESMAS KABUPATEN AGAM TAHUN 2015

ELSI, ELSI (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA BIDAN PUSKESMAS DALAM PELAYANAN ANTENATAL DI PUSKESMAS KABUPATEN AGAM TAHUN 2015. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
AbstrakELSI.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img] Text (Tesis Lengkap)
Tesis Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Capaian indikator kinerja persentase ibu hamil yang mendapat pelayanan antenatal di Kabupaten Agam tahun 2013 yaitu K1 90%, sedangkan untuk cakupan K4 yaitu 83,2%. Capaian tersebut belum melampaui target Standar Pelayanan Minimum (SPM) untuk target K1 adalah 98% dan target K4 adalah 95%. Kinerja Keberhasilan implementasi pelayanan antenatal didukung oleh kinerja bidan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja bidan Puskesmas dalam pelayanan Antenatal di Puskesmas Kabupaten Agam tahun 2015. Metode penelitian ini merupakan penelitian mixed method, yaitu penelitian analitik kuantitatif dan diperkaya dengan data kualitatif. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional study.Jumlah sampel penelitian 87 orang bidan di Kab. Agam, menggunakan teknik multistage random sampling. Analisis dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan chi square test. Hasil penelitian terdapat hubungan sikap (p=0,005), pelatihan (p=0,037), motivasi (p=0,043), kompetensi (p=0,008), kompensasi (p=0,029), dan sarana (p=0,004) dengan kinerja bidan puskesmas dalam pelayanan antenatal. Data kualitatif diketahui kebijakan pelayanan ANC sudah memenuhi standar namun perlu peningkatan kemampuan untuk melayani secara komprehensif untuk pelayanan ANC, kekurangan SDM tenaga bidan sekitar lebih kurang 40 orang tenaga bidan di puskesmas, terutama puskesmas rawatan, secara kuantitas dana sudah mencukupi dilapangan, masalah sarana dan prasarana masih ada bangunan pustu yang sudah lama, rusaknya alat penunjang pelayanan yang dimiliki bidan seperti tensimeter, alat periksa HB, timbangan dan lain-lainnya, Pelayanan dengan 7T telah di lakukan dilapangan bahkan sudah bisa melakukan 10T, tapi tergantung bidannya, karena masih terdapat keterbatasan sarana dan prasarana. Monev telah dilakukan dengan baik. Kesimpulan terdapat hubungan sikap, pelatihan, motivasi, kompetensi, kompensasi dan sarana dengan kinerja bidan puskesmas dalam pelayanan antenatal. Perlu adanya feed back laporan pelayanan ibu hamil dalam ANC kepada Dinas Kesehatan Kab. Agam tentang pencapaian cakupan ANC yang dapat berfungsi sebagai koreksi dan tindak lanjut untuk perbaikan Kata Kunci : Kinerja bidan, sikap, pelatihan, motivasi, kompetensi, kompensasi, sarana DaftarPustaka : 51 (1997-2014)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:48
Last Modified: 28 Jul 2016 04:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12908

Actions (login required)

View Item View Item