Studi Fenomenologi Hermeneutik Tentang Pengalaman Spiritual Penderita Kanker Payudara Yang Menjalani Kemoterapi Di Sumatera Barat

Ilit, Puspita (2016) Studi Fenomenologi Hermeneutik Tentang Pengalaman Spiritual Penderita Kanker Payudara Yang Menjalani Kemoterapi Di Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1 w.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 6)
ILIT PUSPITA.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
Final tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kanker payudara merupakan penyakit kanker dengan persentase tertinggi dan menjadi penyebab terbesar terhadap kasus baru dan kematian pada wanita dewasa. Pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi akan mengalami masalah, fisiologis dan psikologis. Kompleknya masalah yang dialami membuat pasien kanker payudara memerlukan pertahanan diri yang bersifat spiritual.Sampai saat ini masih sedikit informasi dari hasil-hasil penelitian tentang tentang pengalaman spiritual penderita kanker payudara yang menjalani kemoterapi di Sumatera Barat.Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi secara mendalam tentang pengalaman spiritual pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi di Sumatera Barat. Desain penelitian ini mengunakan kualitatif dengan fenomenologi hermeneutik. Jumlah partisipan dalam penelitian ini yaitu sepuluh orang partisipan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam (indepth interview) dan catatan lapangan (field notes). MetodeAnalisa data dengan menggunakan pendekatan interpretif fenomenologi oleh Diekelmann, Allen, dan Tanner (1989). Penelitian ini mendapatkan lima tema utama yaitu:(1) hubungan dengan Allah SWTdan kegiatan ibadah, (2) hubungan dengan keluarga, masyaraka dan petugas kesehatan, (3) efek tindakan kemoterapi, (4) harapan pasien kanker payudara, (5) menerima kondisi ataukeadaan. Untukpenelitian selanjutnya diharapkan dapat dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dari perspektif keluarga, masyarakat atau petugas kesehatan sehingga melihat perspektif lain terkait dengan kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Selanjutnya penelitian kuantitatif diperlukan untuk menentukan intervensi selanjutnya bagi pasien kanker payudara. Kata kunci :Kanker payudara, kemoterapi, pengalaman spiritual Daftar pustaka :134 (1962- 2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 27 Jul 2016 05:19
Last Modified: 27 Jul 2016 05:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12879

Actions (login required)

View Item View Item