STRATEGI TIM SUKSES PASANGAN PRABOWO-HATTA DALAM PEMILU PRESIDEN TAHUN 2014 DI KABUPATEN SOLOK

MAR, SANDI (2015) STRATEGI TIM SUKSES PASANGAN PRABOWO-HATTA DALAM PEMILU PRESIDEN TAHUN 2014 DI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Upt Perpustakaan.

[img] Text
201511271411th_marsandi s.ip.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Marsandi (0910833044) Skripsi SI, Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang 2015. Pembimbing I Dr. Asrinaldi, M.Si, dan Pembimbing II Sadri S.ip, M.Soc. Judul Skripsi Strategi Tim Sukses Pasangan Prabowo-Hatta dalam Pemilu Presiden Tahun 2014 Di Kabupaten Solok. Demokrasi di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini terlihat dari beberapa indikator keberhasilan pelaksanaan pemilu mulai dari anggota DPR, DPD, DPRD, Gubernur, Bupati dan Walikota, serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden secara langsung. Selain itu Indonesia juga telah sukses dalam pemilihan langsung yang di awali pada pemilihan Presiden secara langsung pada tahun 2004. Dalam pemilu Presiden Tahun 2014, Prabowo Subianto maju dalam pemilihan Presiden yang di dampingi oleh Hatta Rajasa. Pasangan tersebut menang di Kabupaten Solok dengan perolehan suara 85.55 %. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Stategi Tim Sukses Pasangan Prabowo-Hatta dalam pemilu presiden tahun 2014 di Kabupaten Solok. Peneliti menggunakan kerangka teori strategi politik oleh Peter Schroder. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indept interview) dan dokumentasi. Unit analisis dalam penelitian ini merupakan individu dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber data sedangkan untuk menganalisa data menggunakan etik dan emik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Strategi Politik yang dilakukan oleh Tim Sukses Prabowo-Hatta di Kabupaten Solok adalah strategi Segmentasi, Targetting, Positioning, dan Ofensif perluasan pasar yaitu: dengan mendekatkan diri kepada masyarakat dengan mengajak dan menghimbau masyarakat, mendengarkan aspirasi mereka, sehingga masyarakat merasa dekat dan tidak ada tembok pembatas antara masyarakat dan Tim Sukses sehingga menimbulkan keyakinan masyarakat terhadap Program-Program yang dipaparkan Tim Sukses. Strategi ofensif menembus pasar yang dilakukan oleh Tim Sukses adalah menjalankan dan menggerakan seluruh anggota mulai dari Tingkat Kabupaten sampai yang paling bawah yaitu di kenagarian, untuk mengajak dan memilih pasangan Prabowo-Hatta. Kata Kunci : Demokrasi, Strategi Politik, Tim Sukses, Prabowo – Hatta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Ms Azizah Yasefia
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:44
Last Modified: 10 Feb 2016 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item View Item