PENGARUH UMUR BIBIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI (Oryza sativa L ) METODE SRI (The System of Rice Intensification)

SONNY, PRANATA RIZAL (2014) PENGARUH UMUR BIBIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI (Oryza sativa L ) METODE SRI (The System of Rice Intensification). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
SonnyPranataRizal.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Percobaan tentang Pengaruh Umur Bibit Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Metode SRI (The System of Rice Intentification) telah dilakukan di lahan sawah petani Jorong Rageh, Kenagarian Sungai Kamuyang, Kecamatan Luak, Kabupaten 50 Kota. Percobaan ini dimulai dari bulan Maret sampai Agustus 2013. Tujuan percobaan ini adalah untuk menentukan umur bibit yang terbaik di persemaian terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi sawah metode SRI. Percobaan ini disusun berdasarkan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 4 kelompok. Perlakuan yang dicobakan adalah beberapa umur bibit padi yaitu umur 6, 8, 10, 12, dan 14 hari. Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah anakan per rumpun, jumlah anakan produktif, panjang malai, jumlah gabah per malai, berat gabah bernas per malai, bobot 1000 butir gabah bernas, hasil tanaman per petak, dan hasil gabah per hektar. Data dianalisis secara statistika dengan uji F tabel 5%, dan F hitung yang lebih besar dari F tabel dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Berdasarkan hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa umur bibit 6-14 hari di persemaian memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi metode SRI. Kata kunci : Umur bibit, padi (Oryza sativa L.), metode SRI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 26 Jul 2016 09:54
Last Modified: 26 Jul 2016 09:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12718

Actions (login required)

View Item View Item