STRATEGI KOMUNIKASI MELALUI MEDIA MASSA DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYALAHGUNA NARKOBA(Studi Pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat)

KUSUMA, DEWI (2015) STRATEGI KOMUNIKASI MELALUI MEDIA MASSA DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYALAHGUNA NARKOBA(Studi Pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201508222228nd_kusuma dewi bp 1320869024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari meningkatnya setiap tahun jumlah penyalahguna narkoba di Sumatera Barat yang merupakan peringkat ke-11 se Indonesia. Dalam hal ini BNNP Sumbar memiliki tanggung jawab atas kelangsungan masa depan bangsa sebab penyalahguna narkoba tersebut dapat mengganggu ketertiban umum dan kestabilan sosial masyarakat. Oleh karena itu BNNP Sumbar membutuhkan bantuan media massa yang mampu menyampaikan pesan kepada jutaan khalayak dan mempunyai jangkauan yang luas dalam membangkitkan kesadaran, mengubah sikap, opini dan tindakan khalayak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi melalui media massa yang dilakukan oleh BNNP Sumatera Barat dalam rangka pencegahan dan penanggulangan narkoba di Sumatera Barat. Dalam upaya menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik analisis data kemudian juga melalui berbagai penggunaan metode pengumpulan data yang peneliti lakukan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi melalui media massa yaitu “Harian Singgalang”, ”TVRI Sumbar” dan “Arbes FM” yang dilakukan oleh BNNP Sumatera Barat telah dilakukan secara sistematis. Strategi Komunikasi dilakukan dengan melewati dua bentuk program kerjasama dengan media massa yaitu diseminasi informasi melalui media cetak dengan cara publikasi dan advokasi P4GN melalui media elektronik dengan cara dialog interaktif. Keseluruhannya mengacu dan dianalisis dengan model komunikasi “Lasswell” yang menjelaskan mengenai unsur-unsur komunikasi yaitu komunikator, pesan, media, komunikan dan efek. Kata Kunci: Strategi komunikasi, Media Massa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:29
Last Modified: 26 Jul 2016 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12689

Actions (login required)

View Item View Item