Peningkatan Kelengkapan Pendokumentasian Keperawatan Melalui Penerapan Format Asesmen Awal Keperawatan Di Ruangan Interne RSUD Kota Padang Panjang

Mariza, Mariza (2016) Peningkatan Kelengkapan Pendokumentasian Keperawatan Melalui Penerapan Format Asesmen Awal Keperawatan Di Ruangan Interne RSUD Kota Padang Panjang. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (827kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULLTEXT)
BAB 1-7.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya waktu perawat untuk mengisi format asuhan keperawatan disebabkan beban kerja perawat yang cukup tinggi dan tenaga perawat yang terbatas serta format asuhan keperawatan yang digunakan masih berbentuk narasi sehingga pendokumentasian pengkajian keperawatankurang lengkap.Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahuipengaruh format asesmen awal keperawatanterhadapkelengkapan pendokumentasianpengkajian keperawatan di ruangan interne RSUD Kota Padang Panjang. Desain penelitian menggunakan Action Research, jumlah sampel 21 orang dengan tekhnik pengambilan sampel total sampling. Analisa data bivariate yang digunakan adalah Wilcoxon dan analisa data multivariate menggunakan Friedman test. Hasil penelitian pelaksanaan format asesmen awal keperawatan menunjukkan bahwa kelengkapan format asesmen awal keperawatan memiliki nilai terendah pada pengukuran ke-2 (mean rank = 1,76) dan tertinggi pada pengukuran ke-3 (mean rank = 2,33). Hasil uji statistik dengan uji friedman menunjukkan nilai p=0,018 (p=<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kelengkapan pendokumentasian keperawatan melalui penerapan format asesmen awal keperawatan. Saran untuk institusi RSUD diperlukan adanya supervisi dan evaluasi serta membuat surat keputusan untuk menetapkan format asesmen awal keperawatan sebagai format baku yang digunakan di ruangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:05
Last Modified: 26 Jul 2016 08:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12675

Actions (login required)

View Item View Item