STRATEGI POLITICAL MARKETING DPD PARTAI GERINDRA SUMBAR DALAM PEMILU LEGISLATIF 2014 DI PROVINSI SUMATERA BARAT

RIA, ANDRIANI (2015) STRATEGI POLITICAL MARKETING DPD PARTAI GERINDRA SUMBAR DALAM PEMILU LEGISLATIF 2014 DI PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Skripsi Fulltext)
201501290559th_skripsi ria fix pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemasaran politik merupakan hal yang baru dan gencar dilakukan oleh sejumlah partai politik di Indonesia. Hal tersebut dapat digunakan suatu partai sebagai sarana komunikasi politik kepada masyarakat dalam mengenalkan partai dan produknya. Hasil dari proses tersebut nantinya dapat berupa image positif dan kepercayaan dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi political marketing DPD partai Gerindra Sumbar sebagai partai politik baru pada Pemilu Legislatif 2014 di Sumatera Barat. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan perolehan suara Partai Gerindra pada pemilu legislatif tahun 2014 di Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan konsep Lock & Harris (1996) yaitu dengan elemen 4p’s (product, promotion, price dan place). Pendekatan kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pengambilan informan dilakukan secara snowball sampling. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa DPD partai Gerindra Sumbar melakukan strategi political marketing melalui aktifitas politiknya dengan memasarkan program dan kandidat sebagai produk (product) partai lewat adanya penggunaan media dan sosialisasi (promotion), perhitungan dana dan citra kandidat (price), membuat strategi penyebaran di berbagai daerah di Sumatera Barat lewat sejumlah kandidat Partai Gerindra (place). Selain itu, melihat dari fakta di Indonesia bahwa partai politik masih sangat lekat dengan figur penokohan untuk dapat mengangkat elektabilitasnya, maka dibahas pula faktor penokohan Prabowo Subianto sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sebagai salah satu faktor tingginya suara partai ini di Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 26 Jul 2016 04:28
Last Modified: 26 Jul 2016 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item