PENGARUHGAYAKEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIPERAWAT DIMEDIASI OLEH MOTIVASI DAN DIMODERASI OLEH TUNTUTAN TUGASDI RSUD DR ACHMAD DARWISKABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Mila, Yusna (2016) PENGARUHGAYAKEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIPERAWAT DIMEDIASI OLEH MOTIVASI DAN DIMODERASI OLEH TUNTUTAN TUGASDI RSUD DR ACHMAD DARWISKABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img] Text (Tesis Lengkap)
Tesis Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komitmen organisasional merupakan faktor penting dalam suatu organisasi, karena dapat berpengaruh terhadap prilaku yang berhubungan dengan pekerjaan yang positif, misalnya kinerja tinggi, motivasi, loyalitas karyawan dan turnover yang rendah. Komitmen organisasi juga dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Komitmenorganisasionalyang tinggi biasanya menyebabkan seorang karyawanmemiliki rasamemihak yangtinggipadasuatu organisasi. Penelitianinibertujuanuntukmengujipengaruhlangsungdan tidaklangsungdarivariabelinterveningyaitumotivasiterhadap hubunganantaragaya kepemimpinan dan lingkungan kerja dengan komitmen organisasi, serta pengaruhmoderasidari variabeltuntutan tugasterhadap hubunganantaramotivasi dengan komitmen organisasi.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan metode survey analitik cross sectional. Penelitian ini merupakan penelitian sensus dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian yaitu 100 orang. Teknik analisa data secara univariat dan menggunakan diagram jalur persamaan struktural (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan lingkungan kerjaberpengaruhterhadap komitmen organisasi perawat, gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap motivasi dan gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasi melaluimotivasi. Sedangkantuntutan tidak terbukti memoderasi hubungan motivasi dengan komitmen organisasi. Artinya tuntutan tugastidak memperkuat dan memperlemahhubungan antara motivasi terhadap komitmen organisasi perawat di RSUD dr Achmad Darwis. Kata kunci : komitmen organisasi, gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, motivasi, tuntutan tugas Kepustakaan : 83 ( 2008 – 2015)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:10
Last Modified: 26 Jul 2016 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12630

Actions (login required)

View Item View Item