TINDAKAN ETIOLOGIS PERILAKU SAKIT OLEH KELUARGA Studi Sosiologi Kesehatan tentang Tindakan Pencarian terhadap Kesembuhan Penyakit oleh Keluarga Penderita Strok

RORI FIKEM, SAPUTRA (2014) TINDAKAN ETIOLOGIS PERILAKU SAKIT OLEH KELUARGA Studi Sosiologi Kesehatan tentang Tindakan Pencarian terhadap Kesembuhan Penyakit oleh Keluarga Penderita Strok. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201501290247th_skripsi3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RORI FIKEM SAPUTRA 0910812017. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi : Tindakan Etiologis Perilaku Sakit Oleh Keluarga. Studi Sosiologi Kesehatan Tentang Tindakan Pencarian Terhadap Kesembuhan Penyakit Oleh Penderita Stroke Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi. Dosen pembimbing I Drs. Wahyu Pramono, M.Si dan dosen pembimbing II Drs. Yulkardi, M.Si. Stroke merupakan penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian bagi orang yang menderitanya, maka dari itu pengobatan harus dilakukan juga seseorang mengingikan kesembuhan jika terkena stroke. Keluarga memegang peranan penting dalam upaya pencarian kesembuhan anggota keluarganya. Saat seseorang terkena stroke karena saat itu penderita stroke dalam keadaan tidak berdaya dan membutuhkan pertolongan. Pertolongan tersebut tidak lain adalah dari keluarga dan instansi pengobatan. Dalam melakukan upaya pencarian pengobatan tentu terdapat hal yang mendasari keluarga untuk bertindak terhadap stroke tersebut dan reaksi keluarga dalam bertindak mencari bentuk pengobatan yang hendak dijalani. Penelitian ini menggunakan teori Tindakan Sosial oleh Max Weber yang memfokuskan pada Teori Instrumental Rasional. Dalam penelitian ini yang dilihat adalah tindakan yang dilakukan keluarga sebelum pengobatan kerumah sakit, tindakan yang dilakukan keluarga saat dirumah sakit dan tindakan yang akan dilakukan keluarga setelah keluarga dari rumah sakit. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Berdasarkan data yang ditemukan di lapangan, tindakan yang dilakukan keluarga sebelum pengobatan kerumah sakit adalah (1) mengupayakan dengan obat herbal, (2) mengontrol dengan obat antihipertensi, (3) mengontrol ke dokter dan (4) mengatur pola makan untuk menghindari hipertensi. Tindakan yang dilakukan keluarga saat di rumah sakit adalah (1) melakukan interaksi dengan dokter, dan (2) memberikan semangat dan perhatian kepada pasien, sedangkan tindakan yang akan dilakukan setelah keluar dari rumah sakit adalah (1) melanjtkan dengan pengobatan medis dan (2) dengan pengobatan di luar medis yang tidak mempengaruhi pengobatan medis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 26 Jul 2016 04:18
Last Modified: 26 Jul 2016 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12626

Actions (login required)

View Item View Item