PERANCANGAN PROTOTYPE PENGELOMPOKAN BARANG DENGAN INDIKATOR KETINGGIAN BARANG MENGGUNAKAN SENSOR JARAK SRF05 BERBASIS ARDUINO UNO

HANIF, AGRA (2015) PERANCANGAN PROTOTYPE PENGELOMPOKAN BARANG DENGAN INDIKATOR KETINGGIAN BARANG MENGGUNAKAN SENSOR JARAK SRF05 BERBASIS ARDUINO UNO. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi fulltext)
201501281312th_ta hanif agra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia industri, teknologi yang handal mempunyai peran penting dalam membantu memaksimalkan kuantitas dan kualitas hasil produksi. Namun nyatanya dalam proses produksi banyak industri mengalami permasalahan diantaranya adalah sistemnya yang masih manual yang membutuhkan banyak operator sehingga biaya produksinya menjadi mahal. Selain itu tidak adanya monitoring dengan data base yang baik, sehingga hasil produksi akan bertambah buruk. Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Banyak industri berlomba-lomba untuk membuat suatu sistem produksi yang efektif dan efesien serta ekonomis, otomasi sistem produksi menjadi jawabannya. Dalam implementasinya otomasi sistem produksi dilengkapi dengan sistem kontrol yang didukung dengan berbagai sensor, alat-alat indikator dan alat-alat pemprosesan informasi digital. Dalam tugas akhir ini otomasi sistem pengelompokan barang yang merupakan salah satu bagian dari proses produksi akan didesain untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Proses otomasi pengelompokan barang dilakukan dengan menggunakan sebuah sistem mikrokontroler yang banyak digunakan sekarang ini. Sistem mikrokontroler ini berupa devolopment board Arduino Uno. Sistem mikrokontroler ini merupakan sebuah sistem open-source, fleksibel, dan mudah digunakan dalam hal perangkat keras dan perangkat lunak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 26 Jul 2016 04:02
Last Modified: 26 Jul 2016 04:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12621

Actions (login required)

View Item View Item