FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN KESELAMATAN PASIEN OLEH PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT TINGKAT III DR. REKSODIWIRYO PADANG TAHUN 2014

FITRIANA, ANA (2015) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN KESELAMATAN PASIEN OLEH PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT TINGKAT III DR. REKSODIWIRYO PADANG TAHUN 2014. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201501281135th_fitriana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Keselamatan pasien merupakan indikator penilaian akreditasi suatu rumah sakit. Angka kejadian penyakit infeksi phlebitis RS.TK.III dr. Reksodiwiryo Padang tahun 2014 (1,7%) melebihi Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit (<1,5%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan keselamatan pasien oleh perawat di instalasi rawat inap RS.TK.III dr. Reksodiwiryo Padang. Metode Penelitian ini adalah kuantitatif dengan disain cross sectional. Variabel dependennya adalah pelaksanaan keselamatan pasien dan variabel independennya adalah sikap, persepsi, motivasi, dan kepemimpinan. Penelitian dilakukan di instalasi rawat inap RS.TK.III dr. Reksodiwiryo Padang bulan MeiNovember 2014. Populasi penelitian adalah seluruh perawat instalasi rawat inap dengan jumlah sampel 55 orang menggunakan metode proportional random sampling. Data diolah dengan uji statistik Chi Square secara univariat dan bivariat dengan CI 95% (α=0,05) menggunakan program komputer. Hasil Hasil penelitian mengenai keselamatan pasien kurang baik(54,5%). Sikap positif (80%), persepsi baik (60%), motivasi rendah (54,5%) dan kepemimpinan (61,8%). Variabel yang berhubungan dengan pelaksanaan keselamatan pasien adalah motivasi dan kepemimpinan, dan yang tidak berhubungan adalah sikap dan persepsi perawat. Kesimpulan Pelaksanaan keselamatan pasien oleh perawat terhadap motivasi dan kepemimpinan kurang baik. Disarankan pimpinan ruangan melakukan monitoring dan evaluasi kepada setiap tindakan keperawatan dan kepada pihak komite medik selalu melakukan sosialisasi pelaksanaan keselamatan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 26 Jul 2016 03:58
Last Modified: 26 Jul 2016 03:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12619

Actions (login required)

View Item View Item