Pengaruh Dosis Inokulum dan Lama Fermentasi Campuran Kulit Kakao dan Ampas Tahu dengan EM4 Terhadap Perubahan Bahan Kering, Protein Kasar dan Retensi Nitrogen Sebagai Pakan Ternak

Yos, Priano Ahmad (2016) Pengaruh Dosis Inokulum dan Lama Fermentasi Campuran Kulit Kakao dan Ampas Tahu dengan EM4 Terhadap Perubahan Bahan Kering, Protein Kasar dan Retensi Nitrogen Sebagai Pakan Ternak. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrack 1.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
pustaka 2.1.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V kesimpulan)
pustaka 3.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
pustaka 4.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
unand 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis inokulum dan lama fermentasi campuran kulit kakao dan ampas tahu dengan EM4 terhadap perubahan kandungan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen sebagai pakan ternak. Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3x3 dengan 2 ulangan. Faktor pertama, dosis inokulum yaitu A1: 4ml, A2: 7ml, dan A3: 10ml. Faktor kedua, lama fermentasi B1: 7 Hari, B2: 14 Hari, dan B3: 21 Hari. Peubah yang diamati adalah penurunan bahan kering, peningkatan protein kasar dan retensi nitrogen dari fermentasi campuran kulit kakao dan ampas tahu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengolahan dengan dosis inokulum memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0.05) terhadap penurunan bahan kering dan memberikan pengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap peningkatan protein kasar dan retensi nitrogen. Lama fermentasi memberikan pengaruh tidak nyata (P>.0.05) terhadap penurunan bahan kering, proein kasar dan retensi nitrogen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas gizi yang terbaik pada perlakuan A3B2 dengan dosis inokulum 10 ml dan lama fermentasi 14 hari, dengan menghasilkan penurunan bahan kering sebesar 14.36%, peningkatan protein kasar sebesar 49.09% dan meningkakan retensi nitrogen dari 59.70% menjadi 78.69%. Kata Kunci : Ampas tahu, Em4, kulit kakao, protein kasar, dan retensi nitrogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 26 Jul 2016 04:26
Last Modified: 26 Jul 2016 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12608

Actions (login required)

View Item View Item