PEMILIHAN RUTE PERJALANAN MENUJU GEDUNG KULIAH BERSAMA DI UNIVERSITAS ANDALAS DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP)

ELSEHARA, BUSNITA (2015) PEMILIHAN RUTE PERJALANAN MENUJU GEDUNG KULIAH BERSAMA DI UNIVERSITAS ANDALAS DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201507271603th_ta elsehara busnita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemilihan rute adalah salah satu indikator penting dalam pergerakan orang dan kendaraan dalam mencapai tujuan. Setiap orang menginginkan efisiensi waktu, jarak, biaya dan kenyamanan dalam menentukan rute terbaik. Mahasiswa Universitas Andalas dalam perjalanan menuju gedung kuliah bersama memiliki beberapa alternatif rute yang bisa dipilih. Pertimbangan pemilihan rute dapat dipilih berdasarkan kriteria waktu tercepat, jarak tersingkat dan kenyamanan. Ada 6 gedung yang menjadi tujuan perjalanan yaitu Gedung B, Gedung C, Gedung D, Gedung G, Gedung H dan Gedung I serta 3 pilihan rute untuk menuju 6 gedung tersebut yaitu zona utara sebagai rute 1, zona tengah sebagai rute 2 dan zona selatan sebagai rute 3. Penelitian ini menggunakan analisa dengan metode Analytical Hierarcy Process (AHP). Dari penelitian ini didapatkan rute yang paling banyak menjadi pilihan mahasiswa untuk menuju gedung-gedung kuliah bersama dan alasan yang paling berpengaruh dalam pemilihan rute. Untuk perjalanan ke Gedung B diperoleh hasil rute 2 sebagai rute terbaik dalam efisiensi waktu, jarak dan kenyamanan dengan bobot sebesar 39,83%, Gedung C yaitu rute 2 dengan bobot 41,58%, Gedung D yaitu rute 3 dengan bobot 47,28%, Gedung G yaitu rute 3 dengan bobot 43,87%, Gedung H yaitu rute 3 dengan bobot 36,51% dan Gedung I yaitu rute 1 dengan bobot 43,68%. Dari ketiga faktor pemilihan rute antara waktu tercepat, jarak tersingkat dan kenyamanan didapatkan hasil faktor waktu tercepat sebagai alasan paling berpengaruh dalam perjalanan menuju gedung kuliah bersama di Universitas Andalas dengan persentase sebesar 55,05%, sedangkan untuk faktor jarak didapatkan persentase sebesar 25,02% dan faktor kenyamanan dengan persentase sebesar 19,93%. Kata kunci: pemilihan rute, waktu tercepat, jarak tersingkat, kenyamanan, Analytical Hierarcy Process

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 26 Jul 2016 01:53
Last Modified: 26 Jul 2016 01:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12588

Actions (login required)

View Item View Item