PERBANDINGAN RESPONS STRUKTUR ATAS JEMBATAN CABLE STAYED TIPE FAN ANTARA TUMPUAN DI ATAS TANAH LUNAK DAN TANAH KERAS AKIBAT BEBAN GEMPA(STUDI KASUS JEMBATAN BARELANG)

RIDHO, FRADITYA (2015) PERBANDINGAN RESPONS STRUKTUR ATAS JEMBATAN CABLE STAYED TIPE FAN ANTARA TUMPUAN DI ATAS TANAH LUNAK DAN TANAH KERAS AKIBAT BEBAN GEMPA(STUDI KASUS JEMBATAN BARELANG). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201507241427th_ridho fraditya 1110922016.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang membutuhkan jembatan-jembatan bentang panjang sehingga dapat menghubungkan antar pulau di Indonesia. Jembatan Barelang merupakan salah satu jembatan bentang panjang di Indonesia dengan bentang 642 meter. Terdapatnya perbedaan jarak antar perletakan yang cukup jauh mengakibatkan tingginya kemungkinan akan perbedaan jenis tanah pada tumpuan. Lalu dalam mendesign jembatan bentang panjang perlu dilakukan analisis lebih teliti terhadap beban gempa karena Indonesia termasuk daerah rawan gempa. Tujuan analisis ini adalah membandingkan perpindahan dan gaya dalam pada saat diberikan beban gempa yang terjadi pada jembatan yang memiliki tumpuan pada tanah lunak dan tanah keras pada jembatan cable stayed Barelang dengan tipe fan. Zona wilayah gempa yang digunakan adalah wilayah Batam. Beban gempa yang diinputkan berupa riwayat waktu (time history) pada arah X. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai perpindahan dan gaya dalam baik itu momen, geser, dan aksial pada struktur jembatan yang mengalami beban gempa rencana pada tumpuan di tanah lunak cenderung lebih besar dibandingkan struktur jembatan yang mengalami beban gempa rencana pada tumpuan tanah keras. Kata-KataKunci: Jembatan cable stayed, gempa rencana, tipe fan, tanah lunak, tanah keras

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 26 Jul 2016 01:46
Last Modified: 26 Jul 2016 01:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12587

Actions (login required)

View Item View Item