KONSORSIUM RIZOBAKTERI UNTUK PENGENDALIAN NEMATODA BENGKAK AKAR Meloidogyne spp. PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Satrio, Pringgondani (2023) KONSORSIUM RIZOBAKTERI UNTUK PENGENDALIAN NEMATODA BENGKAK AKAR Meloidogyne spp. PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHALUAN.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nematoda Meloidogyne spp. merupakan patogen penyebab bengkak akar pada tanaman tomat yang dapat menyebabkan kehilangan hasil mencapai 30%. Pemanfaatan konsorsium rizobakteri sebagai agens hayati merupakan salah satu alternatif pengendalian yang aman dan ramah lingkungan. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan konsorsium rizobakteri terbaik dalam menekan perkembangan penyakit bengkak akar yang disebakan oleh nematoda Meloidogyne spp. serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman tomat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang terdiri dari 2 tahap, yaitu: 1). Uji kompatibilitas antara spesies rizobakteri berbeda yang terdiri dari 9 perlakuan yang saling kompatibel, 2). Uji kemampuan konsorsium rizobakteri untuk mengendalikan nematoda bengkak akar Meloidogyne spp. menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 9 perlakuan konsorsium rizobakteri, kontrol positif, kontrol negatif dan perlakuan nematisida Carbofuran dengan masing-masing 4 ulangan. Introduksi konsorsium rizobakteri dilakukan pada benih dan akar bibit tanaman tomat yang berumur 21 hari setelah semai dengan cara direndam selama 15 menit. Inokulasi telur Meloidogyne spp. dilakukan pada saat tanaman berumur 28 hari setelah tanam. Peubah yang diamati yaitu kompatibilitas antara spesies rizobakteri yang berbeda, perkembangan penyakit dan pertumbuhan serta hasil produksi tanaman tomat. Hasil penelitian uji kompatibilitas dari semua kombinasi konsorsium rizobakteri didapatkan hasil yang kompatibel. Dan juga hasil penelitian menunjukkan yang terbaik dalam menekan perkembangan bengkak akar sebanyak 22.00 bengkak akar dan jumlah telur dalam kelompok telur 273.25 yang disebabkan oleh nematoda Meloidogyne spp. dan memacu pertumbuhan tinggi tanaman 88.50 cm, meningkatkan jumlah daun 36.75, meningkatkan muncul bunga pertama 31.50 dan serta meningkatkan produksi 762.77 g. Dari hasil penelitian konsorsium terbaik untuk pengendalian nematoda bengkak akar dan memacu pertumbuhan serta hasil tanaman tomat yaitu konsorsium Bacillus mycoides IR. 1.3.4 + Cronobacter dublinensis IR. 2.2.5. Kata kunci: Bengkak Akar, Konsorsium, Meloidogyne spp., Rizobakteri, Tomat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:42
Last Modified: 06 Mar 2023 03:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125496

Actions (login required)

View Item View Item