Hubungan Konsumsi Bahan Makanan Sumber Indeks Glikemik Tinggi Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Pasien Diabetes Melitus Di Poliklinik Khusus Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2016

Yosi, Irene Putri (2016) Hubungan Konsumsi Bahan Makanan Sumber Indeks Glikemik Tinggi Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Pasien Diabetes Melitus Di Poliklinik Khusus Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.PDF - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB_1.PDF - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB_6.PDF - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.PDF - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI.PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyakit DM sangat terkait dengan pola perilaku, termasuk pola makan. Konsumsi makanan yang mengandung Indeks Glikemik (IG) tinggi dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsumsi bahan makanan sumber indeks glikemik tinggi dengan kadar glukosa darahpada pasien diabetes melitusdi Poliklinik khusus penyakit dalam RSUP dr. M. Djamil Padang tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain crossectional.Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang. Data yang diambil adalah karakteristik responden, hasil pemeriksaan laboratorium dan konsumsi bahan makanan sumber indeksglikemik tinggi. Analisisdilakukan secara univariat dan bivariat. Analisis bivariat menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata kadar glukosa darah186,68 mg/dl, konsumsi karbohidrat(KH)IG tinggi 518,44 gr/hari, konsumsi minuman IG tinggi175,12 ml/hari dan konsumsi buah-buahan IG tinggi49,95gr/hari. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan bermakna antara konsumsi karbohidratIG tinggi(p=0,000, r=0,407), konsumsi minumanIG tinggi(p=0,001, r=0,333) dan konsumsi buah-buahanIG tinggi(p=0,001, r=0,335)dengan kadar glukosa darah. Konsumsi KH, minumandan konsumsi buah-buahan yang mengandung IG tinggi berhubungan dengan kadar glukosa darah. Diharapkan pada ahli gizi dapat memberikan edukasi tentang makanan yang mengandung IG tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 26 Jul 2016 02:12
Last Modified: 26 Jul 2016 02:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12542

Actions (login required)

View Item View Item