Analisis Penyebab Ketidakpuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Poliklinik Di Rumah Sakit Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang

Fitria Geofani, Riri (2023) Analisis Penyebab Ketidakpuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Poliklinik Di Rumah Sakit Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Bab VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Tesis Akhir)
TESIS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan: Tingkat kepuasan pasien sangat penting untuk diketahui, sebagai salah satu tolak ukur melihat sejauh mana ketaatan pelaksanaan pelayanan yang sesuai standar yang telah ditetapkan. Kepuasan pasien merupakan indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan kepuasan pelanggan yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan yang akan mempengaruhi profitabilitas fasilitas kesehatan tersebut. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketidakpuasan pasien BPJS poliklinik di Rumah Sakit Tk. III dr. Reksodiwiryo Padang. Metode: Desain penelitian ini adalah kuantitatif-kualitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan pendekatan cross-sectional untuk mendapatkan gambaran tentang tingkat kepuasan pasien BPJS poliklinik berdasarkan harapan dan persepsi. Pendekatan kualitatif, dilakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, telaah dokumen, observasi dan Focus Group Discussion. Hasil: Tingkat kepuasan pasien pada dimensi tangible (87,49%), empathy (84,27%), reliability (81,59%) sudah memuaskan atau nilai tingkat kesesuaian di atas nilai rata- rata tingkat kesesuaian keseluruhan (78,72%). Sedangkan untuk dimensi responsiveness (73,73%) dan assurance (63,38%) belum memuaskan dikarenakan nilai tingkat kesesuaian dibawah nilai rata- rata tingkat kesesuaian keseluruhan (78,72%). Berdasarkan analisis IPA poliklinik rumah sakit Tk. III dr. Reksodiwiryo berada pada kuadran A terdapat 12 atribut, pada kuadran B terdapat 16 atribut, pada kuadran C terdapat 2 atribut dan pada kuadran D terdapat 11 atribut. Pada kuadran A yang menjadi prioritas tinggi bagi rumah sakit di kelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok sikap dan komunikasi serta kelompok sarana prasarana. Kesimpulan: Berdasarkan hasil diagram kartesius dapat disimpulkan beberapa program kerja guna peningkatan mutu poliklinik rumah sakit Tk. III dr. Reksodiwiryo adalah pengembangan web, penambahan petugas pencarian rekam medis, pengadaan pelatihan rekam medis, pembuatan SOP prioritas pasien dinas dan evaluasi kinerja dokter. Kata Kunci: Analisis, Ketidakpuasan, Pasien, BPJS, Poliklinik, Rumah Sakit. Daftar Pustaka 69 (1990-2021)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:23
Last Modified: 02 Mar 2023 03:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125402

Actions (login required)

View Item View Item