Perbandingan Perencanaan Kebutuhan Obat Kemoterapi dengan Metode Konsumsi dan Metode Morbiditas di Rumah Sakit Universitas Andalas

Suti, Nur Fajrianthi (2023) Perbandingan Perencanaan Kebutuhan Obat Kemoterapi dengan Metode Konsumsi dan Metode Morbiditas di Rumah Sakit Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Obat kemoterapi merupakan obat yang perlu diperhatikan stoknya. Kekosongan obat kemoterapi dapat berdampak negatif terhadap hasil pengobatan dan keselamatan pasien, sehingga diperlukan jaminan ketersediaan obat-obat kemoterapi. Perencanaan kebutuhan obat di Rumah Sakit Universitas Andalas menggunakan metode konsumsi, terdapat delapan item obat kemoterapi dengan kategori kurang yang dapat mempengaruhi pemberian pelayanan kemoterapi. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbandingan menggunakan metode morbiditas untuk menentukan metode yang dapat mengurangi persediaan obat kurang. Metode penelitian ini melakukan pengambilan data sekunder berdasarkan laporan pemakaian obat kemoterapi tahun 2020 dan dianalisa dengan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan jumlah kebutuhan obat metode konsumsi lebih mendekati jumlah pemakaian riil dan ketersediaan obat metode morbiditas terdapat 41,67% kategori berlebih, 33,33% kategori aman, 25% kategori kurang. Berdasarkan hasil uji independent sample t test disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan ketersediaan obat yang direncanakan menggunakan metode konsumsi dan morbiditas dengan nilai sig.2-tailed < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Yelly Oktavia Sari, M.Pharm, Ph.D
Uncontrolled Keywords: perbandingan, konsumsi, morbiditas, kemoterapi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:53
Last Modified: 06 Mar 2023 03:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125367

Actions (login required)

View Item View Item