Perbedaan Dosis dan Waktu Aplikasi Insektisida MIPC Terhadap Joint predator (Pardosa pseudoannulata dan Verania lineata) untuk Pengendalian Nilavarpata lugens Stal 1854

Utari, Afifah (2023) Perbedaan Dosis dan Waktu Aplikasi Insektisida MIPC Terhadap Joint predator (Pardosa pseudoannulata dan Verania lineata) untuk Pengendalian Nilavarpata lugens Stal 1854. Diploma thesis, Universitas andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (Bab V. Kesimpulan dan Saran)
Bab V. Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL-afifah utari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Insektisida MIPC merupakan salah satu insektisida yang banyak digunakan untuk mengendalikan wereng batang coklat (Nilaparvata lugens) atau WBC. Insektisida yang berlebihan menyebabkan resistensi WBC diikuti oleh kematian musuh alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi perbedaan dosis dan waktu aplikasi insektisida MIPC terhadap daya predasi joint predator (Pardosa pseudoannulata dan Verania lineata). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 2 faktor dan 5 kali ulangan. Faktor pertama adalah dosis (0,75 g/l, 1,5 g/l 2,25 g/l, dan kontrol) dan faktor kedua adalah waktu aplikasi sebelum infestasi WBC dan joint predator (P. pseudoannulata dan V. lineata), saat infestasi WBC dan joint predator (P. pseudoannulata dan V. lineata), setelah infestasi WBC dan sebelum infestasi joint predator (P. pseudoannulata dan V. lineata). Parameter yang diamati yaitu mortalitas WBC akibat insektisida, mortalitas WBC akibat predator, mortalitas predator (P. pseudoannulata dan V. lineata), berat tubuh predator (P. pseudoannulata dan V. lineata). Data dianalisis menggunakan sidik ragam dan uji lanjut LSD pada taraf 5% (Software Stat 8). Hasil penelitian diketahui bahwa terjadi interaksi MIPC antara faktor dosis dan waktu aplikasi terhadap mortalitas WBC akibat insektisida dan mortalitas gabungan. Pemberian insektisida MIPC dengan dosis tinggi dapat menyebabkan rendah tingkat daya predasi joint predator dan menyebabkan kematian P. pseudoannulata mencapai 80% dan kematian V. lineata mencapai 73,3% akibat insektisida MIPC, pertambahan berat tubuh predator terendah terjadi pada dosis tinggi 2,25 g/l namun lebih tinggi ketika tidak diaplikasikan insektisida MIPC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:43
Last Modified: 06 Mar 2023 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125357

Actions (login required)

View Item View Item