FORMULASI KONSORSIUM Bacillus spp. ASAL TANAMAN CABAI UNTUK PENGENDALIAN Meloidogyne spp. PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum Esculentum Mill.)

Nasution, Widya (2023) FORMULASI KONSORSIUM Bacillus spp. ASAL TANAMAN CABAI UNTUK PENGENDALIAN Meloidogyne spp. PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum Esculentum Mill.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Meloidogyne spp. merupakan penyebab penyakit bengkak akar pada tanaman tomat yang dapat menyebabkan kehilangan hasil hingga 40%. Salah satu cara untuk pengendalian penyakit ini adalah dengan penggunaan Bacillus spp. Tujuan penelitian untuk mendapatkan formula konsorsium Bacillus spp. asal tanaman cabai terbaik untuk pengendalian Meloidogyne spp., peningkatan pertumbuhan, serta hasil tanaman tomat. Penelitian berbentuk eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 15 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuannya adalah bahan pembawa limbah cair yaitu: limbah cucian beras (LCB), limbah cair tahu (LCT), limbah cucian beras + limbah cair tahu (LCB+LCT) yang disimpan dalam waktu yang berbeda (0, 4, 6, dan 8 minggu) serta perlakuan untuk kontrol positif (tanpa ditambahkan formula dan tanpa diinokulasi Meloidogyne spp.), kontrol negatif (tanpa ditambahkan formula dan diinokulasi Meloidogyne spp.) dan nematisida berbahan aktif carbofuran. Peubah yang diamati yaitu kepadatan populasi Bacillus spp. dalam formula limbah cair, perkembangan penyakit, pertumbuhan bibit dan tanaman serta hasil tanaman tomat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula konsorsium Bacillus spp. asal tanaman cabai terbaik untuk pengendalian Meloidogyne spp., peningkatan pertumbuhan serta hasil tanaman tomat adalah Limbah Cucian Beras+ Limbah Cair Tahu (LCB+LCT) yang disimpan selama 4 minggu. Kata kunci: Bacillus spp., formula, Meloidogyne spp., tomat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ujang Khairul, MP
Uncontrolled Keywords: Bacillus spp., formula, Meloidogyne spp., tomat
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:09
Last Modified: 02 Mar 2023 03:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125335

Actions (login required)

View Item View Item