ANALISIS DESKRIPTIF PROFIL KEAGAMAAN MAHASISWA MUSLIM TINGKAT 1 JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS ANDALAS ANGKATAN 2013

SENO, PRATAMA (2014) ANALISIS DESKRIPTIF PROFIL KEAGAMAAN MAHASISWA MUSLIM TINGKAT 1 JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS ANDALAS ANGKATAN 2013. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
SenoPratama.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini dikaji profil keagamaan mahasiswa muslim tingkat 1 angkatan 2013 Jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas dengan menggunakan analisis statistika. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan tabel dan diagram, serta analisis gerombol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang telah valid dan reliabel. Diperoleh kesimpulan bahwa profil keagamaan mahasiswa tersebut belum begitu baik karena masih adanya mahasiswa yang tidak mengerjakan ibadah wajib secara rutin. Selain itu, mahasiswa juga dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan tingkat perilaku keagamaannya (relatif baik, cukup baik, dan kurang baik), sehingga diperoleh bahwa distribusi mahasiswa terbanyak terletak pada kelompok yang relatif cukup baik. Dimana pada kelompo tersebut mahasiswa hanya sering mengerjakan shalat wajib, berzikir/berdoa, berpuasa, dan muamalah, sedangkan untuk shalat sunnah dan menambah ilmu agama melalui Alquran/Hadis ataupun media informasi sangat jarang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 25 Jul 2016 10:38
Last Modified: 25 Jul 2016 10:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12530

Actions (login required)

View Item View Item