Pengujian Extended Slippery Slope Framework Dalam Kepatuhan Pajak

Nadzirul Haq E., Arif (2022) Pengujian Extended Slippery Slope Framework Dalam Kepatuhan Pajak. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup))
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS ARIF NADZIRUL HAQ E. FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepatuhan pajak merupakan fenomena yang telah diteliti cukup lama. Kepatuhan pajak tidak lagi hanya dikaji dari sisi ekonomi saja, namun juga telah diteliti dari sisi sosial dan psikologi. Kebanyakan peneliti hanya mengkaji berdasarkan sisi ekonomi saja, namun hal tersebut mengabaikan fakta bahwa terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi kepatuhan pajak seperti faktor sisial dan psikologi. Salah satu kerangka yang mengkaji kepatuhan pajak dari sisi sosial dan psikologis adalah Extended Slippery Slope Framework. Tujuan riset ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepercayaan pada otoritas pajak dan kekuasaan otoritas pajak terhadap kepatuhan pajak berdasarkan Extended Slippery Slope Framework, serta menganalisis efek interaksi antara kepercayaan pada otoritas pajak dan kekuasaan otoritas pajak terhadap kepatuhan pajak. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen 2x2 antar-subjek yang melibatkan 79 partisipan. Penelitian ini menggunakan uji Analysis of Variance (ANOVA) untuk pengujian hipotesis. Hasil riset menunjukkan bahwa kepercayaan implisit memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan kepercayaan berbasis alasan dalam mempengaruhi kepatuhan pajak, dan kekuasaan legitimasi memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan kekuasaan koersif dalam mempengaruhi kepatuhan pajak. Hasil riset ini juga menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara kepercayaan pada otoritas dan kekuasaan otoritas dalam mempengaruhi kepatuhan pajak.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Fauzan Misra, SE, M.Sc., Ak., CA., BKP
Uncontrolled Keywords: Extended Slippery Slope Framework, Tax Compliance, Trust In Tax Authority, Power of Tax Authorities
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:39
Last Modified: 01 Mar 2023 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125291

Actions (login required)

View Item View Item