FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN HYGIENE SANITASI MAKANAN PADA TAHAP PENGOLAHAN DI RUMAH MAKAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG PASIR TAHUN 2015

SRY, RIZKI AGUSTYA (2015) FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN HYGIENE SANITASI MAKANAN PADA TAHAP PENGOLAHAN DI RUMAH MAKAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG PASIR TAHUN 2015. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201507061233th_sry rizki agustya_1110332072.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Hygiene sanitasi makanan adalah salah satu usaha pencegahan untuk membebaskan makanan dari segala bahaya yang dapat mengganggu atau merusak kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hygiene sanitasi makanan pada tahap pengolahan di rumah makan wilayah kerja Puskesmas Padang Pasir tahun 2015. Metode Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional study dan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik systematic random sampling. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 38% penjamah makanan memiliki penerapan hygiene sanitasi makanan yang kurang baik, 28% mempunyai tingkat pendidikan rendah, 40% memiliki pengetahuan rendah, 39% memiliki sikap negatif dan 24% memiliki fasilitas yang tidak lengkap. Berdasarkan analisis bivariat menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan (p=0,001), pengetahuan (p=0,004), sikap (p=0,000) dan fasilitas rumah makan (p=0,000) penjamah makanan dengan penerapan hygiene sanitasi makanan. Kesimpulan Variabel yang berhubungan dengan penerapan hygiene sanitasi makanan pada tahap pengolahan adalah tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan, sikap, dan fasilitas rumah makan. Disarankan bagi Puskesmas Padang Pasir memberikan perhatian dalam peningkatan pengawasan dan penyuluhan kepada penjamah makanan, serta bagi pemilik rumah makan agar menyediakan fasilitas hygiene sanitasi bagi penjamah makanan yang bekerja di rumah makan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 25 Jul 2016 10:32
Last Modified: 25 Jul 2016 10:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12525

Actions (login required)

View Item View Item