PROFIL CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI APOTEKER PADA PASIEN RAWAT INAP ULKUS PEPTIKUM DI BAGIAN PENYAKIT DALAM RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Benardo, Benardo (2023) PROFIL CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI APOTEKER PADA PASIEN RAWAT INAP ULKUS PEPTIKUM DI BAGIAN PENYAKIT DALAM RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemantauan terapi obat merupakan salah satu bentuk pelayanan kefarmasian seorang apoteker kepada pasien. Bentuk pelayanan yang diberikan didokumentasikan di rekam medis dalam bentuk CPPT (Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi). Format CPPT yang paling umum digunakan adalah SOAP (subjective, objective, assessment, dan plan). Pencatatan CPPT yang lengkap dan tepat akan mempengaruhi kinerja dari tenaga kesehatan dalam pengambilan keputusan terhadap terapi yang diterima oleh pasien. Kesesuaian pengisian SOAP sangat penting karena merupakan sarana komunikasi, koordinasi atau kolaborasi antar profesi kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada pasien, sehingga dapat mencegah kesalahan dan pengulangan informasi, dan juga membantu profesi kesehatan dalam manajemen waktunya. Dalam penelitian ini, cakupan penelitian berupa analisa kelengkapan dari CPPT apoteker pada pasien rawat inap ulkus peptikum di bagian Penyakit Dalam RSUP DR M Djamil Padang. Penelitian ini dilakukan secara retrospektif dimana data diambil dari lembar SOAP pasien rawat inap ulkus peptikum pada tahun 2019 dan 2020. Data yang telah diperoleh kemudian akan dimasukkan ke dalam lembar pengumpulan data dan akan dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan analisa secara case study. Data yang masuk ke dalam kriteria analisa berjumlah 22 rekam medis yang memiliki lembar SOAP di dalamnya. Dari 22 data, terdapat 19 CPPT (86.36%) ditulis lengkap dan 3 CPPT (13.64%) ditulis dengan tidak lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. apt. Hansen Nasif, Sp.FRS
Uncontrolled Keywords: CPPT, SOAP, ulkus peptikum, Subjektif, Objektif, Asesmen, Plan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:34
Last Modified: 06 Mar 2023 02:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125229

Actions (login required)

View Item View Item