Fenolik Dan Flavonoid Total Serta Aktivitas Antibakteri Dari Fraksi n-Heksana Daun Jambu Air ((Syzygium aqueum (Burm.F.) Alston)) Kultivar Putih

Firdausi, Firna Nahwa (2023) Fenolik Dan Flavonoid Total Serta Aktivitas Antibakteri Dari Fraksi n-Heksana Daun Jambu Air ((Syzygium aqueum (Burm.F.) Alston)) Kultivar Putih. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tumbuhan jambu air ((Syzygium aqueum (Burm.F.) Alston)) kultivar putih merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh di sebagian besar wilayah Indonesia. Daun jambu air dipercaya masyarakat dapat digunakan untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit karena mengandung senyawa bioaktif. Secara farmakologi daun jambu air dapat digunakan sebagai antioksidan, antidiabetes, antihiperglikemik, antibakteri dan antiradang. Pada penelitian ini dilakukan penentuan fenolik serta flavonoid total dan uji antibakteri secara dilusi cair dan difusi cakram pada fraksi heksana daun jambu air kultivar putih menggunakan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Hasil penelitian didapatkan kandungan fenolik total sebesar 6.232 mg GAE/100 gram fraksi heksana dan kandungan flavonoid total sebesar 2.510 mg QE/100 gram fraksi heksana. Pada penentuan aktivitas antibakteri secara difusi cakram, fraksi heksana daun jambu air dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli lebih baik daripada bakteri Staphylococcus aureus dan dapat dilihat pada diameter zona bening yang bersifat kuat. Hasil pada uji antibakteri secara dilusi cair didapatkan nilai KHM (Konsentrasi Hambat Minimum) pada Staphylococcus aureus dan Escherichia coli sebesar 0,5 mg/mL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Afrizal
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:36
Last Modified: 01 Mar 2023 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125184

Actions (login required)

View Item View Item